- KK1 (Lulus UAS)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 1 adalah siswa selalu lulus UAS dalam setiap semester.
Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%) menganggap
sangat tidak setuju, 22 siswa (12,2%) menunjukkan tidak setuju, 73
siswa (40,6%) menunjukkan cukup setuju, 41 siswa (22,8%) menunjukkan
setuju, dan 37 siswa (20,6%) menunjukkan sangat setuju. Data tersebut
dapat disimpulkan bahwa siswa cukup setuju jika siswa selalu lulus
UAS dalam setiap semester. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata
3,44.
- KK2 (Tidak Remidi dalam UAS)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 2 adalah siswa tidak pernah mendapatkan remidi dalam ujian
akhir semester. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 30 siswa
(16,7%) menganggap sangat tidak setuju, 45 siswa (25%) menunjukkan
tidak setuju, 61 siswa (33,9%) menunjukkan cukup setuju, 18 siswa
(10%) menunjukkan setuju, dan 26 siswa (14,4%) menunjukkan sangat
setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah
Atas Al-Hikmah Surabaya cukup setuju jika tidak pernah mendapatkan
remidi dalam ujian akhir semester.. Hal ini didasarkan pada nlai
rata-rata 2,81.
- KK4 (Membaca Minimal 600 Kata Permenit)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 4 adalah siswa dapat membaca minimal 600 kata permenit
dengan pemahaman 75%. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 15
siswa (8,3%) menganggap sangat tidak baik, 39 siswa (21,7%)
menunjukkan tidak baik, 75 siswa (41,7) menunjukkan cukup baik, 40
siswa (22,2%) menunjukkan baik, dan 11 siswa (6,1%) menunjukkan
sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik
dalam membaca minimal 600 kata permenit dengan pemahaman 75%. Hal ini
didasarkan pada nilai rata-rata 2,96.
- KK5 (Penyusunan dan Presentasi Karya Tulis Ilmiah)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 5 adalah siswa dapat menyusun dan mempresentasikan dengan
baik karya tulis ilmiah minimal 1 kali dalam semester. Berdasarkan
Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 14 siswa (7,8%) menganggap sangat tidak
baik, 35 siswa (19,4%) menunjukkan tidak baik, 93 siswa (51,7%)
menunjukkan cukup baik, 30 siswa (16,7%) menunjukkan baik, dan 8
siswa (4,4%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan
bahwa siswa cukup baik dalam menyusun dan mempresentasikan dengan
baik karya tulis ilmiah minimal 1 kali dalam semester. Hal ini
didasarkan pada nilai rata-rata 2,91.
- KK6 (Penyusunan Resensi Buku)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 6 adalah siswa dapat menyusun resensi buku dengan baik dan
benar. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 4 siswa (2,2%)
menganggap sangat tidak baik, 27 siswa (15%) menunjukkan tidak baik,
85 siswa (47,2%) menunjukkan cukup baik, 48 siswa (26,7%) menunjukkan
baik, dan 16 siswa (8,9%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut
dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam menyusun resensi buku
dengan baik dan benar.. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,25.
- KK8 (Mengapresiasi Karya Sastra)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 8 adalah siswa dapat mengapresisasikan karya sastra dengan
baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 10 siswa
(5,6%) menganggap sangat tidak baik, 40 siswa (22,2%) menunjukkan
tidak baik, 91 siswa (50,6%) menganggap cukup baik, 28 siswa (15,6%)
menunjukkan baik, 11 siswa (6,1%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam
mengapreasisasikan karya sastra dengan baik dan benar.. Hal ini
didasarkan pada nilai rata-rata 2,94
- KK9 (Pengungkapan Kembali Teks yang Dibaca)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 9 adalah siswa dapat mengungkapkan kembali teks yang dibaca
dengan akurasi 80%. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 5 siswa
(2,8%) menganggap sangat tidak baik, 19 siswa (10,6%) menunjukkan
tidak baik, 96 siswa (53,3%) menunjukkan cukup baik, 51 siswa (28,3%)
menunjukkan baik, 9 siswa (5%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut
dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah
Surabaya cukup baik dalam mengungkapkan kembali teks yang dibaca
dengan akurasi 80%.. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 2,86
- KK10 (Pidato dengan Lancar)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 10 adalah siswa dapat melakukan pidato dengan lancar selama
15 menit. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 18 siswa (10%)
menganggap sangat tidak baik, 45 siswa (25%) menunjukkan tidak baik,
69 siswa (38,3%) menunjukkan cukup baik, 40 siswa (22,2%) menunjukkan
baik, 8 siswa (4,4%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat
disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam melakukan pidato dengan
lancar selama 15 menit.. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata
2,86.
- KK11 (Presentasi Karya Ilmiah dalam Bahasa Inggris)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 11 adalah siswa dapat melakukan presentasi karya ilmiah
dalam bahasa inggris selama 20 menit. Berdasarkan Tabel 4.9
menunjukkan bahwa 23 siswa (12,8%) menganggap sangat tidak baik, 71
siswa (39,4%) menunjukkan tidak baik, 67 siswa (37,2%) menunjukkan
cukup baik, 15 siswa (8,3%) menunjukkan baik, 4 siswa (2,2%)
menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa
tidak baik dalam melakukan presentasi karya ilmiah dalam bahasa
inggris selama 20 menit. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 2,48
- KK12 (Interprestasi Bacaan dengan Tingkat Pemahaman 80%)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 12 adalah siswa dapat menginterpretasikan bacaan dengan
tingkat pemahaman 80%. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 6
siswa (3,3%) menganggap sangat tidak baik, 32 siswa (17,8%)
menunjukkan tidak baik, 92 siswa (51,1%) menunjukkan cukup baik, 44
siswa (24,4%) menunjukkan baik, 6 siswa (3,3%) menunjukkan sangat
baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam
menginterpretasikan bacaan dengan tingkat pemahaman 80%.. Hal ini
didasarkan pada nilai rata-rata 3,07
- KK13 (Penulisan Essay 300 Kata dalam 30 Menit)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 13 adalah siswa dapat menulis essay
dengan topik bebas
sebanyak 300 kata dalam waktu 30 menit. Berdasarkan Tabel 4.9
menunjukkan bahwa 6 siswa (3,3%) menganggap sangat tidak baik, 39
siswa (21,7%) menganggap tidak baik, 69 siswa (38,3%) menganggap
cukup baik, 41 siswa (22,8%) menunjukkan baik, 25 siswa (13,9%)
menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa
cukup baik dalam menulis essay
dengan topik bebas
sebanyak 300 kata dalam waktu 30 menit. Hal ini didasarkan pada nilai
rata-rata 3,22.
- KK14 (Pembuatan Karya Tulis 2000 kata dalam 1 Semester)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 14 adalah siswa dapat membuat karya tulis dengan topik bebas
2.000 kata dalam 1 semester. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa
15 siswa (8,3%) menganggap sangat tidak baik, 42 siswa (23,3%)
menunjukkan tidak baik, 78 siswa (43,3%) menunjukkan cukup baik, 35
siswa (19,4%) menunjukkan baik, 10 siswa (5,6%) menunjukkan sangat
baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah
Atas Al-Hikmah Surabaya cukup baik dalam membuat karya tulis dengan
topik bebas 2.000 kata dalam 1 semester.. Hal ini didasarkan pada
nlai rata-rata 2,91.
- KK15 (Terampil Menggunakan Ms. Word, Excel, Power Point)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 15 adalah siswa terampil dalam menggunakan software
Microsoft
office word, Microsoft office excel, Microsoft office power point.
Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 3 siswa (1,7%) menganggap
sangat tidak baik, 7 siswa (3,9%) menunjukkan tidak baik, 48 siswa
(26,7%) menunjukkan cukup baik, 70 siswa (38,9%) menunjukkan baik, 52
siswa (28,9%) menunjukkan sangat baik . Data tersebut dapat
disimpulkan bahwa siswa baik dalam menggunakan software Microsoft
office word, Microsoft office excel, Microsoft office power point.
Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,80.
- KK17 (Penggunaan Internet Untuk Akses Informasi, Eksplorasi, Analisis)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 17 adalah siswa dapat menggunakan internet untuk mengakses
informasi, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar inrormasi
secara kreatif dan bertanggung jawab untuk keperluan belajar.
Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 2 siswa (1,1%) menganggap
tidak baik, 35 siswa (19,4%) menunjukkan cukup baik, 63 siswa (35%)
menunjukkan baik, 80 siswa (44,4%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam menggunakan
internet untuk mengakses informasi, mengeksplorasi, menganalisis, dan
saling tukar inrormasi secara kreatif dan bertanggung jawab untuk
keperluan belajar. . Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,23.
- KK18 (Penggunaan Informasi Teknologi)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Kognitif 18 adalah siswa dapat menggunakan Informasi Teknologi dengan
baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 7 siswa
(3,9%) menganggap tidak baik, 46 siswa (25,6%) menunjukkan cukup
baik, 77 siswa (42,8%) menunjukkan baik, 50 siswa (27,8%) menunjukkan
sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam
menggunakan Informasi Teknologi dengan benar. Hal ini didasarkan pada
nilai rata-rata 3,94.
- Kompetensi Spiritual
Berdasarkan
Tabel 4.10 dapat dilihat deskripsi jawaban responden pada variabel
Kompetensi spiritual
sebagai berikut :
Tabel
4.10
Deskripsi
Jawaban Responden pada variabel Kompetensi
Spiritual
No
|
Variabel
|
Jawaban
Responden
|
Mean
|
|||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||||
|
|
f
|
%
|
f
|
%
|
f
|
%
|
f
|
%
|
f
|
%
|
|
1
|
KSP1
|
1
|
0.6
|
2
|
1.1
|
25
|
13.9
|
55
|
30.6
|
97
|
53.9
|
4.36
|
2
|
KSP2
|
0
|
0.0
|
7
|
3.9
|
60
|
33.3
|
80
|
44.4
|
33
|
18.3
|
3.77
|
3
|
KSP3
|
0
|
0.0
|
3
|
1.7
|
8
|
4.4
|
40
|
22.2
|
129
|
71.7
|
4.64
|
4
|
KSP4
|
1
|
0.6
|
1
|
0.6
|
21
|
11.7
|
66
|
36.7
|
91
|
50.6
|
4.36
|
5
|
KSP5
|
0
|
0.0
|
5
|
2.8
|
50
|
27.8
|
55
|
30.6
|
70
|
38.9
|
4.06
|
6
|
KSP6
|
0
|
0.0
|
3
|
1.7
|
34
|
18.9
|
68
|
37.8
|
75
|
41.7
|
4.19
|
7
|
KSP7
|
1
|
0.6
|
10
|
5.6
|
52
|
28.9
|
74
|
41.1
|
43
|
23.9
|
3.82
|
8
|
KSP8
|
6
|
3.3
|
14
|
7.8
|
61
|
33.9
|
56
|
31.1
|
43
|
23.9
|
3.64
|
9
|
KSP9
|
20
|
11.1
|
47
|
26.1
|
49
|
27.2
|
25
|
13.9
|
39
|
21.7
|
3.09
|
10
|
KSP10
|
15
|
8.3
|
58
|
32.2
|
59
|
32.8
|
20
|
11.1
|
28
|
15.6
|
2.93
|
11
|
KSP11
|
0
|
0.0
|
12
|
6.7
|
51
|
28.3
|
59
|
32.8
|
58
|
32.2
|
3.91
|
12
|
KSP13
|
5
|
2.8
|
28
|
15.6
|
63
|
35.0
|
53
|
29.4
|
31
|
17.2
|
3.43
|
13
|
KSP14
|
3
|
1.7
|
29
|
16.1
|
67
|
37.2
|
45
|
25.0
|
36
|
20.0
|
3.46
|
14
|
KSP15
|
9
|
5.0
|
60
|
33.3
|
90
|
50.0
|
13
|
7.2
|
8
|
4.4
|
2.73
|
15
|
KSP17
|
0
|
0.0
|
7
|
3.9
|
39
|
21.7
|
64
|
35.6
|
70
|
38.9
|
4.09
|
16
|
KSP18
|
2
|
1.1
|
7
|
3.9
|
60
|
33.3
|
66
|
36.7
|
45
|
25.0
|
3.81
|
17
|
KSP20
|
0
|
0.0
|
1
|
0.6
|
31
|
17.2
|
74
|
41.1
|
74
|
41.1
|
4.23
|
18
|
KSP21
|
0
|
0.0
|
1
|
0.6
|
32
|
17.8
|
71
|
39.4
|
76
|
42.2
|
4.23
|
19
|
KSP22
|
1
|
0.6
|
2
|
1.1
|
41
|
22.8
|
62
|
34.4
|
74
|
41.1
|
4.14
|
20
|
KSP23
|
2
|
1.1
|
3
|
1.7
|
42
|
23.3
|
75
|
41.7
|
58
|
32.2
|
4.02
|
21
|
KSP24
|
0
|
0.0
|
4
|
2.2
|
37
|
20.6
|
76
|
42.2
|
63
|
35.0
|
4.10
|
22
|
KSP25
|
2
|
1.1
|
3
|
1.7
|
42
|
23.3
|
87
|
48.3
|
46
|
25.6
|
3.96
|
23
|
KSP26
|
1
|
0.6
|
3
|
1.7
|
51
|
28.3
|
77
|
42.8
|
48
|
26.7
|
3.93
|
24
|
KSP27
|
0
|
0.0
|
4
|
2.2
|
49
|
27.2
|
87
|
48.3
|
40
|
22.2
|
3.91
|
|
Total
|
69
|
38.3
|
314
|
174.4
|
1114
|
618.9
|
1448
|
804.4
|
1375
|
763.9
|
92.81
|
|
Mean
|
2.88
|
1.60
|
13.08
|
7.27
|
46.42
|
25.79
|
60.33
|
33.52
|
57.29
|
31.83
|
3.87
|
Sumber
: Data Primer diolah (2010)
Penjelasan
masing-masing variabel adalah sebagai berikut :
- KSP1 (Yakin Terhadap Rukun Iman)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 1 adalah siswa meyakini rukun iman serta mampu memiliki
kesadaran dalam beramal. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1
siswa (0,6%) menganggap sangat tidak baik, 2 siswa (.1,1%)
menunjukkan tidak baik, 25 siswa (13,9%) menganggap cukup baik, 55
siswa (30,6%) menunjukkan baik, 97 siswa (53,9%) menunjukkan sangat
baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam satu minggu siswa
Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya siswa baik dalam meyakini
rukun iman serta mampu memiliki kesadaran dalam beramal. Hal ini
didasarkan pada nilai rata-rata 4,36.
- KSP2 (Ketangguhan dalam Menghadapi Cobaan/Musibah)
Butir pertanyaan
pada variabel Kompetensi Spiritual 2 adalah siswa memiliki
ketangguhan dalam menghadapi cobaan/musibah. Berdasarkan Tabel 4.10
menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%) menganggap tidak baik, 60 siswa
(33,3%) menunjukkan cukup baik, 80 siswa (44,4%) menunjukkan baik, 33
siswa (18,3%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat
disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya
memiliki ketangguhan dalam menghadapi cobaan/musibah dengan baik. Hal
ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,77.
- KSP3 (Bangga Terhadap Islam)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 3 adalah siswa memiliki kebanggaan terhadap islam.
Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 3 siswa (1,7%) menganggap
tidak baik, 8 siswa (4,4%) menunjukkan cukup baik, 40 siswa (22,2%)
menunjukkan baik, 129 siswa (71,7%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki kebanggaan terhadap
islam dengan sangat baik. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata
4,64.
- KSP4 (Wudhu dan Thoharoh)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
spiritual 4 adalah siswa dapat berwudhu dan thoharoh dengan baik dan
benar. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%)
menganggap sangat tidak baik, 1 siswa (0,6%) menunjukkan tidak baik,
21 siswa (11,7%) menunjukkan cukup baik, 66 siswa (36,7%) menunjukkan
baik, 91 siswa (50,6%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat
disimpulkan bahwa siswa dapat berwudhu dan thoharoh dengan sangat
baik dan benar. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,36.
- KSP5 (Imam Sholat/Muadzin di Rumah/Sekolah)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 5 adalah siswa dapat menjadi imam sholat/muadzin
di rumah/sekolah.
Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 5 siswa (2,8%) menganggap
tidak baik, 50 siswa (27,8%) menunjukkan cukup baik, 55 siswa (30,6%)
menunjukkan baik, 70 siswa (38,9%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam menjadi imam
sholat/muadzin
di rumah/sekolah Hal
ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,06.
- KSP6 (Sholat dengan Bacaan dan Gerakan Secara Baik dan Benar)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 6 adalah siswa mampu melaksanakan sholat (bacaan dan
gerakan) dengan baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan
bahwa 3 siswa (1,7%) menganggap tidak baik, 34 siswa (18,9%)
menganggap cukup baik, 68 siswa (37,8%) menganggap baik, 75 siswa
(41,7%) menganggap sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa
siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya mampu melaksanakan
sholat (bacaan dan gerakan) dengan baik dan benar. Hal ini didasarkan
pada nilai rata-rata 4,19.
- KSP7 (Paham dengan Bacaan Sholat dan Tuma’nina)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 7 adalah siswa memahami bacaan sholat dan melaksanakannya
dengan tuma’nina.
Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap
sangat tidak baik, 10 siswa (5,6%) menunjukkan tidak baik, 52 siswa
(28,9%) menunjukkan cukup baik, 74 siswa (41,1%) menunjukkan baik, 43
siswa (23,9%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat
disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya.
baik dalam memahami bacaan sholat dan melaksanakannya dengan
tuma’nina.
Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,82.
- KSP8 (Tidak Meninggalkan Sholat dalam Kondisi Apapun)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 8 adalah siswa tidak pernah meninggalkan sholat dalam
kondisi apapun. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 6 siswa
(3,3%) menganggap sangat tidak setuju, 14 siswa (7,8%) menunjukkan
tidak setuju, 61 siswa (33,9%) menunjukkan cukup setuju, 56
siswa(31,1%) menunjukkan setuju, 43 siswa (23,9%) menunjukkan sangat
setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa setuju tidak
pernah meninggalkan sholat dalam kondisi apapun. Hal ini didasarkan
pada nilai rata-rata 3,64.
- KSP9 (Sholat Tahajud Minimal Sekali dalam Sepekan)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual adalah siswa telah melaksanakan sholat tahajud minimal 1
kali dalam sepekan. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 20 siswa
(11,1%) menganggap sangat tidak baik, 47 siswa (26,1%) menunjukkan
tidak baik, 49 siswa (27,2%) menunjukkan cukup baik, 25 siswa (13,5%)
menunjukkan baik, 39 siswa (21,7%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam melaksanakan
sholat tahajud minimal 1 kali dalam sepekan. Hal ini didasarkan pada
nilai rata-rata 3,09
- KSP10 (Sholat Dhuha Minimal Sekali Sepekan)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 10 adalah siswa telah melaksanakan sholat dhuha minimal
sekali sepekan. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 15 siswa
(8,3%) menganggap sangat tidak baik, 58 siswa (32,2%) menunjukkan
tidak baik, 59 siswa (32,8%) menunjukkan cukup baik, 20 siswa (11,1%)
menunjukkan baik, 28 siswa (15,6%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam melaksanakan
sholat dhuha minimal sekali sepekan Hal ini didasarkan pada nilai
rata-rata 2,93.
- KSP11 (Berdo’a dan Berdzikir sesudah Sholat dengan Tuma’nina)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 11 adalah siswa dapat berdo’a dan berdzikir sesudah
sholat dengan tuma’nina.
Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 12 siswa (6,7%) menganggap
tidak baik, 51 siswa (28,3%) menunjukkan cukup baik, 59 siswa (32,8%)
menganggap baik, 58 siswa (32,2%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam satu minggu siswa Sekolah
Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya baik dalam berdo’a dan berdzikir
sesudah sholat dengan tuma’nina..
Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,91.
- KSP13 (Mengajarkan Al Quran dengan Tajwid dan Tartil)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 13 adalah siswa dapat mengajarkan Al Quran dengan tajwid
dan tartil. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 5 siswa (2,8%)
menganggap sangat tidak baik, 28 siswa (15,6%) menunjukkan tidak
baik, 63 siswa (35%) menunjukkan cukup baik, 53 siswa (29,4%)
menunjukkan baik, 31 siswa (17,2%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas
Al-Hikmah Surabaya cukup baik dalam mengajarkan Al Quran dengan
tajwid dan tartil. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,43.
- KSP14 (Mengaji Setiap Hari Minimal 3 Halaman)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 14 adalah siswa dapat mengaji setiap hari minimal 3
halaman. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 3 siswa (1,7%)
menganggap sangat tidak baik, 29 siswa (16,1%) menunjukkan tidak
baik, 67 siswa (37,2%) menunjukkan cukup baik, 45 siswa (25%)
menunjukkan baik, 36 siswa (20%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam mengaji
setiap hari minimal 3 halaman. Hal ini didasarkan pada nilai
rata-rata 3,46.
- KSP15 (Menghafal 45 Do’a dan Al Ma’tsurat)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 15 adalah siswa dapat menghafal 45 do’a aktifitas
sehari-hari dan Al
Ma’tsurat.
Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 9 siswa (5%) menganggap
sangat tidak baik, 60 siswa (33,3%) menunjukkan tidak baik, 90 siswa
(50%) menunjukkan cukup baik, 13 siswa (7,2%) menunjukkan baik, 8
siswa (4,4%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan
bahwa siswa baik dalam menghafal 45 do’a aktifitas sehari-hari dan
Al
Ma’tsurat.
Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 2,73.
- KSP17 (Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Kejujuran)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 17 adalah siswa selalu menjunjung tinggi nilai-nilai
kejujuran. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%)
menganggap tidak baik, 39 siswa (21,7%) menunjukkan cukup baik, 64
siswa (35,6%) menunjukkan baik, 70 siswa (38,9%) menunjukkan sangat
baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam
menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. Hal ini didasarkan pada
nilai rata-rata 4,09.
- KSP18 (Kepribadian Sesuai dengan Nilai-Nilai Islam)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 18 adalah siswa selalu menjadikan kepribadian anda sesuai
dengan nilai-nilai islam. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 2
siswa (1,1%) menganggap sangat tidak baik, 7 siswa (3,9%) menunjukkan
tidak baik, 60 siswa (33,3%) menganggap cukup baik, 66 siswa (36,7%)
menunjukkan baik, 45 siswa (25%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas
Al-Hikmah Surabaya baik dalam menjadikan kepribadian anda sesuai
dengan nilai-nilai islam. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata
3,81.
- KSP20 (Berbakti Kepada Orang Tua)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 20 adalah siswa selalu berbakti kepada orang tua.
Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap
tidak baik, 31 siswa (17,2%) menunjukkan cukup baik, 74 siswa (41,1%)
menunjukkan baik, 74 siswa (41,1%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas
Al-Hikmah Surabaya baik dalam berbakti kepada orang tua. Hal ini
didasarkan pada nlai rata-rata 4,23.
- KSP21 (Bersikap Sopan Santun kepada Orangtua dan Guru)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 21 adalah siswa mampu bersikap sopan dan santun kepada
orangtua dan guru. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa
(0,6%) menganggap tidak mampu, 32 siswa (17,8%) menunjukkan cukup
mampu, 71 siswa (39,4%) menunjukkan mampu, 76 siswa (42,2%)
menunjukkan sangat mampu. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa
mampu bersikap sopan dan santun kepada orangtua dan guru. Hal ini
didasarkan pada nilai rata-rata 4,23.
- KSP22 (Senyum, Salam, Sapa, dan Santun)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 22 adalah siswa selalu melakukan senyum, salam, sapa, dan
santun kepada orang lain. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1
siswa (0,6%) menganggap sangat tidak baik, 2 siswa (1,1%) menunjukkan
tidak baik, 41 siswa (22,8%) menunjukkan cukup baik, 62 siswa (34,4%)
menunjukkan baik, 74 siswa (41,1%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam melakukan senyum,
salam, sapa, dan santun kepada orang lain. Hal ini didasarkan pada
nilai rata-rata 4,14
- KSP23 (Bekerjasama dan Bersosialisasi dengan Orang Lain)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 23 adalah siswa dapat bekerjasama dan bersosialisasi dengan
orang lain. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 2 siswa (1,1%)
menganggap sangat tidak baik, 3 siswa (1,7%) menunjukkan tidak baik,
42 siswa (23,3%) menunjukkan cukup baik, 75 siswa (41,7%) menunjukkan
baik, 58 siswa (32,2%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat
disimpulkan bahwa siswa baik dalam bekerjasama dan bersosialisasi
dengan orang lain. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,02
- KSP24 (Mampu Berempati dengan Orang Lain)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 24 adalah siswa mampu berempati dengan orang lain.
Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 4 siswa (2,2%) menganggap
tidak baik, 37 siswa (20,6%) menunjukkan cukup baik, 76 siswa (42,2%)
menganggap baik, 63 siswa (35%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas
Al-Hikmah Surabaya baik dalam berempati dengan orang lain Hal ini
didasarkan pada nilai rata-rata 4,10.
- KSP25 (Menyesuaikan Diri dengan Norma Sekolah dan Masyarakat)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 25 adalah siswa mampu menyesuaikan diri dengan norma-norma
sekolah dan masyarakat. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 2
siswa (1,1%) menganggap sangat tidak baik, 3 siswa (1,7%) menunjukkan
tidak baik, 42 siswa (23,3%) menunjukkan cukup baik, 87 siswa (48,3%)
menunjukkan baik, 46 siswa (25,6%) menunjukkan sangat baik. Data
tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas
Al-Hikmah Surabaya baik dalam menyesuaikan diri dengan norma-norma
sekolah dan masyarakat Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,96
- KSP26 (Tanggung Jawab Sosial dalam Bermasyarakat dan Pergaulan)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
Spiritual 26 adalah siswa memiliki tanggung jawab sosial dalam
bermasyarakat dan pergaulan. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa
1 siswa (0,6%) menganggap sangat tidak baik, 3 siswa (1,7%)
menunjukkan tidak baik, 51 siswa (28,3%) menunjukkan cukup baik, 77
siswa (42,8%) menunjukkan baik, 48 siswa (26,7%) menunjukkan sangat
baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki tanggung
jawab sosial dalam bermasyarakat dan pergaulan dengan baik. Hal ini
didasarkan pada nilai rata-rata 3,93.
- KSP27 (Mengelola Perbedaan dalam Kehidupan Sehari-hari)
Butir
pertanyaan pada variabel Kompetensi
spiritual 27 adalah siswa mampu mengelola perbedaan dalam kehidupan
sehari-hari dengan baik. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 4
siswa (2,2%) menganggap tidak baik, 49 siswa (27,2%) menunjukkan
tidak baik, 87 siswa (48,3%) menunjukkan baik, 40 siswa (22,2%)
menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa
mampu mengelola perbedaan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,91.
4.2.1.4
Deskripsi Hasil Penelitian
Dari hasil
pengumpulan data didapatkan nilai rata-rata kompetensi siswa Sekolah
Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya. Nilai rata-rata tingkat kompetensi
tersebut dapat dilihat pada Tabel 4.11. Pada Tabel tersebut dapat
dilihat bahwa menurut responden seluruh variabel yang
meliputi Kompetensi fisik, Kompetensi psikologi, Kompetensi sosial,
Kompetensi kognitif, dan Kompetensi spiritual.
Tabel
4.11
Nilai
Rata-Rata Tingkat Kompetensi Siswa SMA Al Hikmah
No.
|
Dimensi
|
Bobot
nilai
|
Keterangan
|
1
|
Kompetensi
Fisik |
3,39
|
Cukup
Baik
|
2
|
Kompetensi
Psikologi |
3,43
|
Cukup
Baik
|
3
|
Kompetensi
Sosial |
3,47
|
Cukup
Baik
|
4
|
Kompetensi
Kognitif |
3,21
|
Cukup
Baik
|
5
|
Kompetensi
Spiritual |
3,87
|
Baik
|
|
Mean
|
3,47
|
Cukup
Baik
|
Sumber
: Data Primer diolah (2010)
4.2.1.5
Peringkat Tingkat Kompetensi Siswa Berdasarkan Variabel
Berdasarkan
hasil kuesioner yang telah dilakukan kepada siswa SMA Al Hikmah
Surabaya terdapat hasil penilaian yang diberikan pada tiap-tiap
variabel oleh
siswa berbeda-beda, dari nilai yang tinggi sampai rendah. Pada Tabel
4.12 dapat dilihat lebih jelasnya sebagai berikut :
Tabel
4.12
Peringkat
Lima Variabel Kompetensi
Sumber : Data Primer
diolah (2010)
- Kompetensi Spiritual
Berdasarkan
Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi
Spiritual menempati peringkat pertama yang paling baik diantara
Variabel lainnya dengan nilai 3,87 artinya Kompetensi Spiritual pada
kompetensi siswa sudah baik. Jawaban responden pada variabel
Kompetensi Spiritual dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa 3 siswa
(1,60%) menganggap sangat tidak baik, 13 siswa (7,27%) menunjukkan
tidak baik, 46 siswa (25,79%) menunjukkan cukup baik, 60 siswa
(33,52%) menunjukkan baik, 57 siswa (31,83%) menunjukkan sangat baik.
- Kompetensi Sosial
Berdasarkan
Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi
Sosial menempati peringkat kedua setelah Kompetensi Spiritual dengan
nilai 3,47 artinya Kompetensi Sosial pada kompetensi siswa sudah
cukup baik. Jawaban responden pada variabel Kompetensi Sosial dapat
disimpulkan sebagai berikut bahwa 7 siswa (3,74%) menganggap sangat
tidak baik, 18 siswa (19,88%) menunjukkan tidak baik, 70 siswa
(38,77%) menunjukkan cukup baik, 56 siswa (30,83%) menunjukkan baik,
30 siswa (16,7%) menunjukkan sangat baik .
- Kompetensi Psikologi
Berdasarkan
Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi
Psikologi menempati peringkat ketiga setelah Kompetensi Sosial dengan
nilai 3,43 artinya Kompetensi Psikologi pada kompetensi siswa sudah
cukup baik. Jawaban responden pada variabel Kompetensi Psikologi
dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa 4 siswa (2,34%) menganggap
sangat tidak baik, 15 siswa (8,34%) menunjukkan tidak baik, 76 siswa
(42,22%) menunjukkan cukup baik, 68 siswa (38%) menunjukkan baik.,
dan 16 siswa (9,12%) menunjukkan sangat baik.
- Kompetensi Fisik
Berdasarkan
Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi
Fisik menempati peringkat keempat setelah Kompetensi Psikologi dengan
nilai 3,39 artinya Kompetensi Fisik pada kompetensi siswa sudah cukup
baik. Jawaban responden pada variabel Kompetensi Fisik dapat
disimpulkan sebagai berikut bahwa 15 siswa (8,32%) menganggap sangat
tidak baik, 23 siswa (12,78%) menunjukkan tidak baik, 54 siswa (30%)
menunjukkan cukup baik, 53 siswa (29,44%) menunjukkan baik, dan 35
siswa (19,44%) menunjukkan sangat baik.
- Kompetensi Kognitif
Berdasarkan
Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi
Kognitif menempati peringkat kelima setelah Kompetensi Fisik dengan
nilai 3,21 artinya Kompetensi Kognitif pada kompetensi siswa sudah
cukup baik. Jawaban responden pada variabel Kompetensi Kognitif dapat
disimpulkan sebagai berikut bahwa 10 siswa (5,78%) menganggap sangat
tidak baik, 31 siswa (17,48%) menunjukkan tidak baik, 72 siswa
(39,93%) menunjukkan cukup baik, 43 siswa (23,74%) menunjukkan baik,
dan 24 siswa (13,07%) menunjukkan sangat baik.
Berdasarkan pada
tabel 4.13 dapat disimpulkan bahwa kompetensi siswa SMA Al Hikmah
(kompetensi spiritual, kompetensi sosial, kompetensi psikologi,
kompetensi fisik, dan kompetensi kognitif) adalah cukup baik. Hal ini
ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 3,47.
Tabel
4.13
Hasil
Rata-rata Variabel
No.
|
Dimensi
|
Bobot
nilai
|
Keterangan
|
1
|
Kompetensi
Spiritual |
3,87
|
Baik
|
2
|
Kompetensi
Sosial |
3,47
|
Cukup
Baik
|
3
|
Kompetensi
Psikologi |
3,43
|
Cukup
Baik
|
4
|
Kompetensi
Fisik |
3,39
|
Cukup
Baik
|
5
|
Kompetensi
Kognitif |
3,21
|
Cukup
Baik
|
|
Mean
|
3,47
|
Cukup
Baik
|
Sumber
: Data Primer diolah (2010)
Dapat
dilihat Tabel 4.13 menunjukkan bahwa variabel
Kompetensi Spiritual
menempati peringkat pertama dengan nilai 3,87 menunjukkan baik.
Kompetensi Sosial menempati peringkat kedua dengan nilai 3,47
menunjukkan cukup baik. Kompetensi Psikologi menempati peringkat
ketiga dengan nilai 3,43 menunjukkan cukup baik. Kompetensi Fisik
menempati peringkat keempat dengan nilai 3,39 menunjukkan cukup baik.
Kompetensi Kognitif menempati peringkat kelima dengan nilai 3,21
menunjukkan cukup baik. Dari data keseluruhan dapat diketahui bahwa
nilai rata-rata dari kompetensi siswa di Sekolah Menengah Atas Al
Hikmah yaitu 3,47 yang berarti cukup baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar