Translate

Rabu, 20 Maret 2013

kOmpetensi Siswa SMA BAB IV -- 4.2 (3)

  1. KK1 (Lulus UAS)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 1 adalah siswa selalu lulus UAS dalam setiap semester. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%) menganggap sangat tidak setuju, 22 siswa (12,2%) menunjukkan tidak setuju, 73 siswa (40,6%) menunjukkan cukup setuju, 41 siswa (22,8%) menunjukkan setuju, dan 37 siswa (20,6%) menunjukkan sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup setuju jika siswa selalu lulus UAS dalam setiap semester. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,44.
  1. KK2 (Tidak Remidi dalam UAS)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 2 adalah siswa tidak pernah mendapatkan remidi dalam ujian akhir semester. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 30 siswa (16,7%) menganggap sangat tidak setuju, 45 siswa (25%) menunjukkan tidak setuju, 61 siswa (33,9%) menunjukkan cukup setuju, 18 siswa (10%) menunjukkan setuju, dan 26 siswa (14,4%) menunjukkan sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya cukup setuju jika tidak pernah mendapatkan remidi dalam ujian akhir semester.. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 2,81.
  1. KK4 (Membaca Minimal 600 Kata Permenit)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 4 adalah siswa dapat membaca minimal 600 kata permenit dengan pemahaman 75%. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 15 siswa (8,3%) menganggap sangat tidak baik, 39 siswa (21,7%) menunjukkan tidak baik, 75 siswa (41,7) menunjukkan cukup baik, 40 siswa (22,2%) menunjukkan baik, dan 11 siswa (6,1%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam membaca minimal 600 kata permenit dengan pemahaman 75%. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 2,96.


  1. KK5 (Penyusunan dan Presentasi Karya Tulis Ilmiah)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 5 adalah siswa dapat menyusun dan mempresentasikan dengan baik karya tulis ilmiah minimal 1 kali dalam semester. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 14 siswa (7,8%) menganggap sangat tidak baik, 35 siswa (19,4%) menunjukkan tidak baik, 93 siswa (51,7%) menunjukkan cukup baik, 30 siswa (16,7%) menunjukkan baik, dan 8 siswa (4,4%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam menyusun dan mempresentasikan dengan baik karya tulis ilmiah minimal 1 kali dalam semester. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 2,91.
  1. KK6 (Penyusunan Resensi Buku)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 6 adalah siswa dapat menyusun resensi buku dengan baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 4 siswa (2,2%) menganggap sangat tidak baik, 27 siswa (15%) menunjukkan tidak baik, 85 siswa (47,2%) menunjukkan cukup baik, 48 siswa (26,7%) menunjukkan baik, dan 16 siswa (8,9%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam menyusun resensi buku dengan baik dan benar.. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,25.
  1. KK8 (Mengapresiasi Karya Sastra)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 8 adalah siswa dapat mengapresisasikan karya sastra dengan baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 10 siswa (5,6%) menganggap sangat tidak baik, 40 siswa (22,2%) menunjukkan tidak baik, 91 siswa (50,6%) menganggap cukup baik, 28 siswa (15,6%) menunjukkan baik, 11 siswa (6,1%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam mengapreasisasikan karya sastra dengan baik dan benar.. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 2,94
  1. KK9 (Pengungkapan Kembali Teks yang Dibaca)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 9 adalah siswa dapat mengungkapkan kembali teks yang dibaca dengan akurasi 80%. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 5 siswa (2,8%) menganggap sangat tidak baik, 19 siswa (10,6%) menunjukkan tidak baik, 96 siswa (53,3%) menunjukkan cukup baik, 51 siswa (28,3%) menunjukkan baik, 9 siswa (5%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya cukup baik dalam mengungkapkan kembali teks yang dibaca dengan akurasi 80%.. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 2,86
  1. KK10 (Pidato dengan Lancar)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 10 adalah siswa dapat melakukan pidato dengan lancar selama 15 menit. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 18 siswa (10%) menganggap sangat tidak baik, 45 siswa (25%) menunjukkan tidak baik, 69 siswa (38,3%) menunjukkan cukup baik, 40 siswa (22,2%) menunjukkan baik, 8 siswa (4,4%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam melakukan pidato dengan lancar selama 15 menit.. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 2,86.

  1. KK11 (Presentasi Karya Ilmiah dalam Bahasa Inggris)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 11 adalah siswa dapat melakukan presentasi karya ilmiah dalam bahasa inggris selama 20 menit. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 23 siswa (12,8%) menganggap sangat tidak baik, 71 siswa (39,4%) menunjukkan tidak baik, 67 siswa (37,2%) menunjukkan cukup baik, 15 siswa (8,3%) menunjukkan baik, 4 siswa (2,2%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa tidak baik dalam melakukan presentasi karya ilmiah dalam bahasa inggris selama 20 menit. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 2,48
  1. KK12 (Interprestasi Bacaan dengan Tingkat Pemahaman 80%)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 12 adalah siswa dapat menginterpretasikan bacaan dengan tingkat pemahaman 80%. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 6 siswa (3,3%) menganggap sangat tidak baik, 32 siswa (17,8%) menunjukkan tidak baik, 92 siswa (51,1%) menunjukkan cukup baik, 44 siswa (24,4%) menunjukkan baik, 6 siswa (3,3%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam menginterpretasikan bacaan dengan tingkat pemahaman 80%.. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,07
  1. KK13 (Penulisan Essay 300 Kata dalam 30 Menit)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 13 adalah siswa dapat menulis essay dengan topik bebas sebanyak 300 kata dalam waktu 30 menit. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 6 siswa (3,3%) menganggap sangat tidak baik, 39 siswa (21,7%) menganggap tidak baik, 69 siswa (38,3%) menganggap cukup baik, 41 siswa (22,8%) menunjukkan baik, 25 siswa (13,9%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam menulis essay dengan topik bebas sebanyak 300 kata dalam waktu 30 menit. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,22.
  1. KK14 (Pembuatan Karya Tulis 2000 kata dalam 1 Semester)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 14 adalah siswa dapat membuat karya tulis dengan topik bebas 2.000 kata dalam 1 semester. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 15 siswa (8,3%) menganggap sangat tidak baik, 42 siswa (23,3%) menunjukkan tidak baik, 78 siswa (43,3%) menunjukkan cukup baik, 35 siswa (19,4%) menunjukkan baik, 10 siswa (5,6%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya cukup baik dalam membuat karya tulis dengan topik bebas 2.000 kata dalam 1 semester.. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 2,91.
  1. KK15 (Terampil Menggunakan Ms. Word, Excel, Power Point)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 15 adalah siswa terampil dalam menggunakan software Microsoft office word, Microsoft office excel, Microsoft office power point. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 3 siswa (1,7%) menganggap sangat tidak baik, 7 siswa (3,9%) menunjukkan tidak baik, 48 siswa (26,7%) menunjukkan cukup baik, 70 siswa (38,9%) menunjukkan baik, 52 siswa (28,9%) menunjukkan sangat baik . Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam menggunakan software Microsoft office word, Microsoft office excel, Microsoft office power point. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,80.
  1. KK17 (Penggunaan Internet Untuk Akses Informasi, Eksplorasi, Analisis)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 17 adalah siswa dapat menggunakan internet untuk mengakses informasi, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar inrormasi secara kreatif dan bertanggung jawab untuk keperluan belajar. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 2 siswa (1,1%) menganggap tidak baik, 35 siswa (19,4%) menunjukkan cukup baik, 63 siswa (35%) menunjukkan baik, 80 siswa (44,4%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam menggunakan internet untuk mengakses informasi, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar inrormasi secara kreatif dan bertanggung jawab untuk keperluan belajar. . Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,23.
  1. KK18 (Penggunaan Informasi Teknologi)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Kognitif 18 adalah siswa dapat menggunakan Informasi Teknologi dengan baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.9 menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%) menganggap tidak baik, 46 siswa (25,6%) menunjukkan cukup baik, 77 siswa (42,8%) menunjukkan baik, 50 siswa (27,8%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam menggunakan Informasi Teknologi dengan benar. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,94.


  1. Kompetensi Spiritual
Berdasarkan Tabel 4.10 dapat dilihat deskripsi jawaban responden pada variabel Kompetensi spiritual sebagai berikut :
Tabel 4.10
Deskripsi Jawaban Responden pada variabel Kompetensi Spiritual

No
Variabel
Jawaban Responden
Mean



1
2
3
4
5




f
%
f
%
f
%
f
%
f
%

1
KSP1
1
0.6
2
1.1
25
13.9
55
30.6
97
53.9
4.36
2
KSP2
 0
0.0
7
3.9
60
33.3
80
44.4
33
18.3
3.77
3
KSP3
0
0.0
3
1.7
8
4.4
40
22.2
129
71.7
4.64
4
KSP4
1
0.6
1
0.6
21
11.7
66
36.7
91
50.6
4.36
5
KSP5
0
0.0
5
2.8
50
27.8
55
30.6
70
38.9
4.06
6
KSP6
0
0.0
3
1.7
34
18.9
68
37.8
75
41.7
4.19
7
KSP7
1
0.6
10
5.6
52
28.9
74
41.1
43
23.9
3.82
8
KSP8
6
3.3
14
7.8
61
33.9
56
31.1
43
23.9
3.64
9
KSP9
20
11.1
47
26.1
49
27.2
25
13.9
39
21.7
3.09
10
KSP10
15
8.3
58
32.2
59
32.8
20
11.1
28
15.6
2.93
11
KSP11
0
0.0
12
6.7
51
28.3
59
32.8
58
32.2
3.91
12
KSP13
5
2.8
28
15.6
63
35.0
53
29.4
31
17.2
3.43
13
KSP14
3
1.7
29
16.1
67
37.2
45
25.0
36
20.0
3.46
14
KSP15
9
5.0
60
33.3
90
50.0
13
7.2
8
4.4
2.73
15
KSP17
0
0.0
7
3.9
39
21.7
64
35.6
70
38.9
4.09
16
KSP18
2
1.1
7
3.9
60
33.3
66
36.7
45
25.0
3.81
17
KSP20
0
0.0
1
0.6
31
17.2
74
41.1
74
41.1
4.23
18
KSP21
0
0.0
1
0.6
32
17.8
71
39.4
76
42.2
4.23
19
KSP22
1
0.6
2
1.1
41
22.8
62
34.4
74
41.1
4.14
20
KSP23
2
1.1
3
1.7
42
23.3
75
41.7
58
32.2
4.02
21
KSP24
0
0.0
4
2.2
37
20.6
76
42.2
63
35.0
4.10
22
KSP25
2
1.1
3
1.7
42
23.3
87
48.3
46
25.6
3.96
23
KSP26
1
0.6
3
1.7
51
28.3
77
42.8
48
26.7
3.93
24
KSP27
0
0.0
4
2.2
49
27.2
87
48.3
40
22.2
3.91

Total
69
38.3
314
174.4
1114
618.9
1448
804.4
1375
763.9
92.81

Mean
2.88
1.60
13.08
7.27
46.42
25.79
60.33
33.52
57.29
31.83
3.87
Sumber : Data Primer diolah (2010)
Penjelasan masing-masing variabel adalah sebagai berikut :
  1. KSP1 (Yakin Terhadap Rukun Iman)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 1 adalah siswa meyakini rukun iman serta mampu memiliki kesadaran dalam beramal. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap sangat tidak baik, 2 siswa (.1,1%) menunjukkan tidak baik, 25 siswa (13,9%) menganggap cukup baik, 55 siswa (30,6%) menunjukkan baik, 97 siswa (53,9%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam satu minggu siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya siswa baik dalam meyakini rukun iman serta mampu memiliki kesadaran dalam beramal. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,36.
  1. KSP2 (Ketangguhan dalam Menghadapi Cobaan/Musibah)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 2 adalah siswa memiliki ketangguhan dalam menghadapi cobaan/musibah. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%) menganggap tidak baik, 60 siswa (33,3%) menunjukkan cukup baik, 80 siswa (44,4%) menunjukkan baik, 33 siswa (18,3%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya memiliki ketangguhan dalam menghadapi cobaan/musibah dengan baik. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,77.
  1. KSP3 (Bangga Terhadap Islam)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 3 adalah siswa memiliki kebanggaan terhadap islam. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 3 siswa (1,7%) menganggap tidak baik, 8 siswa (4,4%) menunjukkan cukup baik, 40 siswa (22,2%) menunjukkan baik, 129 siswa (71,7%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki kebanggaan terhadap islam dengan sangat baik. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,64.
  1. KSP4 (Wudhu dan Thoharoh)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi spiritual 4 adalah siswa dapat berwudhu dan thoharoh dengan baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap sangat tidak baik, 1 siswa (0,6%) menunjukkan tidak baik, 21 siswa (11,7%) menunjukkan cukup baik, 66 siswa (36,7%) menunjukkan baik, 91 siswa (50,6%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa dapat berwudhu dan thoharoh dengan sangat baik dan benar. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,36.
  1. KSP5 (Imam Sholat/Muadzin di Rumah/Sekolah)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 5 adalah siswa dapat menjadi imam sholat/muadzin di rumah/sekolah. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 5 siswa (2,8%) menganggap tidak baik, 50 siswa (27,8%) menunjukkan cukup baik, 55 siswa (30,6%) menunjukkan baik, 70 siswa (38,9%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam menjadi imam sholat/muadzin di rumah/sekolah Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,06.
  1. KSP6 (Sholat dengan Bacaan dan Gerakan Secara Baik dan Benar)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 6 adalah siswa mampu melaksanakan sholat (bacaan dan gerakan) dengan baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 3 siswa (1,7%) menganggap tidak baik, 34 siswa (18,9%) menganggap cukup baik, 68 siswa (37,8%) menganggap baik, 75 siswa (41,7%) menganggap sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya mampu melaksanakan sholat (bacaan dan gerakan) dengan baik dan benar. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,19.
  1. KSP7 (Paham dengan Bacaan Sholat dan Tuma’nina)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 7 adalah siswa memahami bacaan sholat dan melaksanakannya dengan tuma’nina. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap sangat tidak baik, 10 siswa (5,6%) menunjukkan tidak baik, 52 siswa (28,9%) menunjukkan cukup baik, 74 siswa (41,1%) menunjukkan baik, 43 siswa (23,9%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya. baik dalam memahami bacaan sholat dan melaksanakannya dengan tuma’nina. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,82.
  1. KSP8 (Tidak Meninggalkan Sholat dalam Kondisi Apapun)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 8 adalah siswa tidak pernah meninggalkan sholat dalam kondisi apapun. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 6 siswa (3,3%) menganggap sangat tidak setuju, 14 siswa (7,8%) menunjukkan tidak setuju, 61 siswa (33,9%) menunjukkan cukup setuju, 56 siswa(31,1%) menunjukkan setuju, 43 siswa (23,9%) menunjukkan sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa setuju tidak pernah meninggalkan sholat dalam kondisi apapun. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,64.
  1. KSP9 (Sholat Tahajud Minimal Sekali dalam Sepekan)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual adalah siswa telah melaksanakan sholat tahajud minimal 1 kali dalam sepekan. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 20 siswa (11,1%) menganggap sangat tidak baik, 47 siswa (26,1%) menunjukkan tidak baik, 49 siswa (27,2%) menunjukkan cukup baik, 25 siswa (13,5%) menunjukkan baik, 39 siswa (21,7%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam melaksanakan sholat tahajud minimal 1 kali dalam sepekan. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,09
  1. KSP10 (Sholat Dhuha Minimal Sekali Sepekan)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 10 adalah siswa telah melaksanakan sholat dhuha minimal sekali sepekan. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 15 siswa (8,3%) menganggap sangat tidak baik, 58 siswa (32,2%) menunjukkan tidak baik, 59 siswa (32,8%) menunjukkan cukup baik, 20 siswa (11,1%) menunjukkan baik, 28 siswa (15,6%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam melaksanakan sholat dhuha minimal sekali sepekan Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 2,93.
  1. KSP11 (Berdo’a dan Berdzikir sesudah Sholat dengan Tuma’nina)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 11 adalah siswa dapat berdo’a dan berdzikir sesudah sholat dengan tuma’nina. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 12 siswa (6,7%) menganggap tidak baik, 51 siswa (28,3%) menunjukkan cukup baik, 59 siswa (32,8%) menganggap baik, 58 siswa (32,2%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam satu minggu siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya baik dalam berdo’a dan berdzikir sesudah sholat dengan tuma’nina.. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,91.
  1. KSP13 (Mengajarkan Al Quran dengan Tajwid dan Tartil)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 13 adalah siswa dapat mengajarkan Al Quran dengan tajwid dan tartil. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 5 siswa (2,8%) menganggap sangat tidak baik, 28 siswa (15,6%) menunjukkan tidak baik, 63 siswa (35%) menunjukkan cukup baik, 53 siswa (29,4%) menunjukkan baik, 31 siswa (17,2%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya cukup baik dalam mengajarkan Al Quran dengan tajwid dan tartil. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,43.
  1. KSP14 (Mengaji Setiap Hari Minimal 3 Halaman)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 14 adalah siswa dapat mengaji setiap hari minimal 3 halaman. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 3 siswa (1,7%) menganggap sangat tidak baik, 29 siswa (16,1%) menunjukkan tidak baik, 67 siswa (37,2%) menunjukkan cukup baik, 45 siswa (25%) menunjukkan baik, 36 siswa (20%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup baik dalam mengaji setiap hari minimal 3 halaman. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,46.

  1. KSP15 (Menghafal 45 Do’a dan Al Ma’tsurat)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 15 adalah siswa dapat menghafal 45 do’a aktifitas sehari-hari dan Al Ma’tsurat. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 9 siswa (5%) menganggap sangat tidak baik, 60 siswa (33,3%) menunjukkan tidak baik, 90 siswa (50%) menunjukkan cukup baik, 13 siswa (7,2%) menunjukkan baik, 8 siswa (4,4%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam menghafal 45 do’a aktifitas sehari-hari dan Al Ma’tsurat. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 2,73.
  1. KSP17 (Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Kejujuran)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 17 adalah siswa selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%) menganggap tidak baik, 39 siswa (21,7%) menunjukkan cukup baik, 64 siswa (35,6%) menunjukkan baik, 70 siswa (38,9%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,09.
  1. KSP18 (Kepribadian Sesuai dengan Nilai-Nilai Islam)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 18 adalah siswa selalu menjadikan kepribadian anda sesuai dengan nilai-nilai islam. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 2 siswa (1,1%) menganggap sangat tidak baik, 7 siswa (3,9%) menunjukkan tidak baik, 60 siswa (33,3%) menganggap cukup baik, 66 siswa (36,7%) menunjukkan baik, 45 siswa (25%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya baik dalam menjadikan kepribadian anda sesuai dengan nilai-nilai islam. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,81.
  1. KSP20 (Berbakti Kepada Orang Tua)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 20 adalah siswa selalu berbakti kepada orang tua. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap tidak baik, 31 siswa (17,2%) menunjukkan cukup baik, 74 siswa (41,1%) menunjukkan baik, 74 siswa (41,1%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya baik dalam berbakti kepada orang tua. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 4,23.
  1. KSP21 (Bersikap Sopan Santun kepada Orangtua dan Guru)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 21 adalah siswa mampu bersikap sopan dan santun kepada orangtua dan guru. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap tidak mampu, 32 siswa (17,8%) menunjukkan cukup mampu, 71 siswa (39,4%) menunjukkan mampu, 76 siswa (42,2%) menunjukkan sangat mampu. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa mampu bersikap sopan dan santun kepada orangtua dan guru. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,23.
  1. KSP22 (Senyum, Salam, Sapa, dan Santun)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 22 adalah siswa selalu melakukan senyum, salam, sapa, dan santun kepada orang lain. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap sangat tidak baik, 2 siswa (1,1%) menunjukkan tidak baik, 41 siswa (22,8%) menunjukkan cukup baik, 62 siswa (34,4%) menunjukkan baik, 74 siswa (41,1%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam melakukan senyum, salam, sapa, dan santun kepada orang lain. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,14
  1. KSP23 (Bekerjasama dan Bersosialisasi dengan Orang Lain)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 23 adalah siswa dapat bekerjasama dan bersosialisasi dengan orang lain. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 2 siswa (1,1%) menganggap sangat tidak baik, 3 siswa (1,7%) menunjukkan tidak baik, 42 siswa (23,3%) menunjukkan cukup baik, 75 siswa (41,7%) menunjukkan baik, 58 siswa (32,2%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam bekerjasama dan bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,02
  1. KSP24 (Mampu Berempati dengan Orang Lain)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 24 adalah siswa mampu berempati dengan orang lain. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 4 siswa (2,2%) menganggap tidak baik, 37 siswa (20,6%) menunjukkan cukup baik, 76 siswa (42,2%) menganggap baik, 63 siswa (35%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya baik dalam berempati dengan orang lain Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 4,10.


  1. KSP25 (Menyesuaikan Diri dengan Norma Sekolah dan Masyarakat)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 25 adalah siswa mampu menyesuaikan diri dengan norma-norma sekolah dan masyarakat. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 2 siswa (1,1%) menganggap sangat tidak baik, 3 siswa (1,7%) menunjukkan tidak baik, 42 siswa (23,3%) menunjukkan cukup baik, 87 siswa (48,3%) menunjukkan baik, 46 siswa (25,6%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya baik dalam menyesuaikan diri dengan norma-norma sekolah dan masyarakat Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,96
  1. KSP26 (Tanggung Jawab Sosial dalam Bermasyarakat dan Pergaulan)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Spiritual 26 adalah siswa memiliki tanggung jawab sosial dalam bermasyarakat dan pergaulan. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap sangat tidak baik, 3 siswa (1,7%) menunjukkan tidak baik, 51 siswa (28,3%) menunjukkan cukup baik, 77 siswa (42,8%) menunjukkan baik, 48 siswa (26,7%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki tanggung jawab sosial dalam bermasyarakat dan pergaulan dengan baik. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,93.
  1. KSP27 (Mengelola Perbedaan dalam Kehidupan Sehari-hari)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi spiritual 27 adalah siswa mampu mengelola perbedaan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Berdasarkan Tabel 4.10 menunjukkan bahwa 4 siswa (2,2%) menganggap tidak baik, 49 siswa (27,2%) menunjukkan tidak baik, 87 siswa (48,3%) menunjukkan baik, 40 siswa (22,2%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa mampu mengelola perbedaan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,91.

4.2.1.4 Deskripsi Hasil Penelitian
Dari hasil pengumpulan data didapatkan nilai rata-rata kompetensi siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya. Nilai rata-rata tingkat kompetensi tersebut dapat dilihat pada Tabel 4.11. Pada Tabel tersebut dapat dilihat bahwa menurut responden seluruh variabel yang meliputi Kompetensi fisik, Kompetensi psikologi, Kompetensi sosial, Kompetensi kognitif, dan Kompetensi spiritual.
Tabel 4.11
Nilai Rata-Rata Tingkat Kompetensi Siswa SMA Al Hikmah

No.
Dimensi
Bobot nilai
Keterangan

1
Kompetensi Fisik
3,39
Cukup Baik
2
Kompetensi Psikologi
3,43
Cukup Baik
3
Kompetensi Sosial
3,47
Cukup Baik
4
Kompetensi Kognitif
3,21
Cukup Baik
5
Kompetensi Spiritual
3,87
Baik

Mean
3,47
Cukup Baik
Sumber : Data Primer diolah (2010)


4.2.1.5 Peringkat Tingkat Kompetensi Siswa Berdasarkan Variabel
Berdasarkan hasil kuesioner yang telah dilakukan kepada siswa SMA Al Hikmah Surabaya terdapat hasil penilaian yang diberikan pada tiap-tiap variabel oleh siswa berbeda-beda, dari nilai yang tinggi sampai rendah. Pada Tabel 4.12 dapat dilihat lebih jelasnya sebagai berikut :
Tabel 4.12
Peringkat Lima Variabel Kompetensi

Sumber : Data Primer diolah (2010)
  1. Kompetensi Spiritual
Berdasarkan Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi Spiritual menempati peringkat pertama yang paling baik diantara Variabel lainnya dengan nilai 3,87 artinya Kompetensi Spiritual pada kompetensi siswa sudah baik. Jawaban responden pada variabel Kompetensi Spiritual dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa 3 siswa (1,60%) menganggap sangat tidak baik, 13 siswa (7,27%) menunjukkan tidak baik, 46 siswa (25,79%) menunjukkan cukup baik, 60 siswa (33,52%) menunjukkan baik, 57 siswa (31,83%) menunjukkan sangat baik.



  1. Kompetensi Sosial
Berdasarkan Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi Sosial menempati peringkat kedua setelah Kompetensi Spiritual dengan nilai 3,47 artinya Kompetensi Sosial pada kompetensi siswa sudah cukup baik. Jawaban responden pada variabel Kompetensi Sosial dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa 7 siswa (3,74%) menganggap sangat tidak baik, 18 siswa (19,88%) menunjukkan tidak baik, 70 siswa (38,77%) menunjukkan cukup baik, 56 siswa (30,83%) menunjukkan baik, 30 siswa (16,7%) menunjukkan sangat baik .
  1. Kompetensi Psikologi
Berdasarkan Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi Psikologi menempati peringkat ketiga setelah Kompetensi Sosial dengan nilai 3,43 artinya Kompetensi Psikologi pada kompetensi siswa sudah cukup baik. Jawaban responden pada variabel Kompetensi Psikologi dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa 4 siswa (2,34%) menganggap sangat tidak baik, 15 siswa (8,34%) menunjukkan tidak baik, 76 siswa (42,22%) menunjukkan cukup baik, 68 siswa (38%) menunjukkan baik., dan 16 siswa (9,12%) menunjukkan sangat baik.
  1. Kompetensi Fisik
Berdasarkan Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi Fisik menempati peringkat keempat setelah Kompetensi Psikologi dengan nilai 3,39 artinya Kompetensi Fisik pada kompetensi siswa sudah cukup baik. Jawaban responden pada variabel Kompetensi Fisik dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa 15 siswa (8,32%) menganggap sangat tidak baik, 23 siswa (12,78%) menunjukkan tidak baik, 54 siswa (30%) menunjukkan cukup baik, 53 siswa (29,44%) menunjukkan baik, dan 35 siswa (19,44%) menunjukkan sangat baik.
  1. Kompetensi Kognitif
Berdasarkan Tabel 4.12 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi Kognitif menempati peringkat kelima setelah Kompetensi Fisik dengan nilai 3,21 artinya Kompetensi Kognitif pada kompetensi siswa sudah cukup baik. Jawaban responden pada variabel Kompetensi Kognitif dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa 10 siswa (5,78%) menganggap sangat tidak baik, 31 siswa (17,48%) menunjukkan tidak baik, 72 siswa (39,93%) menunjukkan cukup baik, 43 siswa (23,74%) menunjukkan baik, dan 24 siswa (13,07%) menunjukkan sangat baik.
Berdasarkan pada tabel 4.13 dapat disimpulkan bahwa kompetensi siswa SMA Al Hikmah (kompetensi spiritual, kompetensi sosial, kompetensi psikologi, kompetensi fisik, dan kompetensi kognitif) adalah cukup baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 3,47.
Tabel 4.13
Hasil Rata-rata Variabel

No.
Dimensi
Bobot nilai
Keterangan

1
Kompetensi Spiritual
3,87
Baik
2
Kompetensi Sosial
3,47
Cukup Baik
3
Kompetensi Psikologi
3,43
Cukup Baik
4
Kompetensi Fisik
3,39
Cukup Baik
5
Kompetensi Kognitif
3,21
Cukup Baik

Mean
3,47
Cukup Baik
Sumber : Data Primer diolah (2010)
Dapat dilihat Tabel 4.13 menunjukkan bahwa variabel Kompetensi Spiritual menempati peringkat pertama dengan nilai 3,87 menunjukkan baik. Kompetensi Sosial menempati peringkat kedua dengan nilai 3,47 menunjukkan cukup baik. Kompetensi Psikologi menempati peringkat ketiga dengan nilai 3,43 menunjukkan cukup baik. Kompetensi Fisik menempati peringkat keempat dengan nilai 3,39 menunjukkan cukup baik. Kompetensi Kognitif menempati peringkat kelima dengan nilai 3,21 menunjukkan cukup baik. Dari data keseluruhan dapat diketahui bahwa nilai rata-rata dari kompetensi siswa di Sekolah Menengah Atas Al Hikmah yaitu 3,47 yang berarti cukup baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar