Translate

Rabu, 20 Maret 2013

kOmpetenSi Siswa SMA BAB IV --4.2 (2)

4.2.1.3 Deskripsi Variabel Penelitian
Deskripsi pada variabel kompetensi meliputi Kompetensi fisik, Kompetensi psikologi, Kompetensi sosial, Kompetensi kognitif, dan Kompetensi spiritual. Penjelasan deskripsi pada masing-masing variabel tersebut sebagai berikut :
  1. Kompetensi Fisik
Berdasarkan Tabel 4.6 dapat dilihat deskripsi jawaban responden pada variabel Kompetensi fisik sebagai berikut :
Tabel 4.6
Deskripsi Jawaban Responden Pada variabel Kompetensi Fisik

No
Variabel
Jawaban Responden
Mean



1
2
3
4
5



f
%
f
%
f
%
f
%
f
%

1
KF1
25
13.9
20
11.1
34
18.9
35
19.4
66
36.7
3.54
2
KF4
2
1.1
22
12.2
58
32.2
74
41.1
24
13.3
3.53
3
KF5
2
1.1
5
2.8
59
32.8
84
46.7
30
16.7
3.75
4
KF6
22
12.2
21
11.7
47
26.1
46
25.6
44
24.4
3.38
5
KF7
24
13.3
47
26.1
72
40
26
14.4
11
6.1
2.74

Total
75
41.6
115
63.9
270
150
265
147.2
175
97.2
16.94

Mean
15
8.32
23
12.78
54
30
53
29.44
35
19.44
3.39
Sumber : Data Primer diolah (2010)
Penjelasan masing-masing variabel adalah sebagai berikut :
  1. KF1 (Kekebalan Tubuh)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Fisik 1 adalah Selama satu minggu ini anda tidak sakit dan mengidap penyakit menular. Berdasarkan Tabel 4.6 menunjukkan bahwa 25 siswa (13,9%) menganggap sangat tidak setuju, 20 siswa (11,1%) tidak setuju, 34 siswa (18,9%) menganggap cukup setuju, 35 siswa (19,4%) menganggap setuju, 66 siswa (36,7%) menganggap sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa selama satu minggu siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya setuju jika siswa tidak sakit dan tidak mengidap penyakit menular. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,54.
  1. KF4 (Adaptasi Terhadap Lingkungan)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Fisik 4 adalah siswa mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan Tabel 4.6 menunjukkan bahwa 2 siswa (1,1%) menganggap sangat tidak setuju, 22 siswa (12,2%) menunjukkan tidak setuju, 58 siswa (32,2%) cukup setuju, 74 siswa (41,1%) menunjukkan setuju, 24 siswa (13,3%) menunjukkan sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya setuju jika siswa mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,53.
  1. KF5 (Olahraga Pemainan)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Fisik 5 adalah siswa dapat memainkan olahraga permainan dengan baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.6 menunjukkan bahwa 2 siswa (1,1%) menganggap sangat tidak setuju, 5 siswa (2,8%) menunjukkan tidak setuju, 59 siswa (32,8%) cukup setuju, 84 siswa (46,7%) menunjukkan setuju, dan 30 siwa (16,7%) menunjukkan sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya setuju jika siswa dapat memainkan olahraga permainan dengan baik dan benar. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,75.
  1. KF6 (Berenang)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Fisik 6 adalah siswa dapat berenang dengan baik dan benar. Berdasarkan Tabel 4.6 menunjukkan bahwa 22 siswa (12,2%) menganggap sangat tidak baik, 21 siswa (11,7%) menunjukkan tidak baik, 47 siswa (26,1%) menunjukkan cukup baik, 46 siswa (25,6%) menunjukkan baik, dan 44 siswa (24,4%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya setuju jika siswa dapat berenang dengan cukup baik dan benar. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,38.
  1. KF7 (Wasit Olahraga Pernainan)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Fisik 7 adalah siswa dapat menjadi wasit dalam olahraga permainan. Berdasarkan Tabel 4.6 menunjukkan bahwa 24 siswa (13,3%) menganggap sangat tidak baik, 47 siswa (26,1%) menunjukkan tidak baik, 72 siswa (40%) menujukkan cukup baik, 26 siswa (14,4%) menunjukkan baik, dan 11 siswa (6,1%) sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya cukup baik dalam menjadi wasit dalam olahraga permainan. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,39.


  1. Kompetensi Psikologi
Berdasarkan Tabel 4.7 dapat dilihat deskripsi jawaban responden pada variabel Kompetensi psikologi sebagai berikut :
Tabel 4.7
Deskripsi Jawaban Responden pada variabel Kompetensi Psikologi
No
Variabel
Jawaban Responden
Mean



1
2
3
4
5



f
%
f
%
f
%
f
%
f
%

1
KP1
4
2.2
9
5
85
47.2
69
38.3
13
7.2
3.43
2
KP2
4
2.2
22
12.2
69
38.3
64
35.6
21
11.7
3.42
3
KP3
7
3.9
21
11.7
84
46.7
57
31.7
11
6.1
3.24
4
KP5
5
2.8
18
10
78
43.3
67
37.2
12
6.7
3.35
5
KP7
1
0.6
5
2.8
64
35.6
85
47.2
25
13.9
3.71

Total
21
11.7
75
41.7
380
211.1
342
190
82
45.6
17.15

Mean
4.2
2.34
15
8.34
76
42.22
68.4
38
16.4
9.12
3.43
Sumber : Data Primer diolah (2010)
Penjelasan masing-masing variabel adalah sebagai berikut :
  1. KP1 (Berfikir Formal)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Psikologi 1 adalah siswa mampu berfikir formal pada tes kemampuan penalaran formal Berdasarkan Tabel 4.7 menunjukkan bahwa 4 siswa (2,2%) menganggap sangat tidak mampu, 9 siswa (5%) menunjukkan tidak mampu, 85 siswa (47,2%) menunjukkan cukup mampu, 69 siswa (38,3%) menunjukkan mampu, dan 13 siswa (7,2%) menganggap sangat mampu. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya cukup mampu berfikir formal pada tes kemampuan penalaran formal Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,43.


  1. KP2 (Berpikir Kreatif)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Psikologi 2 adalah siswa mampu berpikir kreatif pada mapping analisis ketrampilan-ketrampilan berpikir. Berdasarkan Tabel 4.7 menunjukkan bahwa 4 siswa (2,2%) menganggap sangat tidak mampu, 22 siswa (12,2%) menunjukkan tidak mampu, 69 siswa (38,3%) menunjukkan cukup mampu, 64 siswa (35,6) menunjukkan mampu, dan 21 siswa (11,7%) sangat mampu. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya cukup mampu berpikir kreatif pada mapping analisis ketrampilan-ketrampilan berpikir. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,42.
  1. KP3 (Kemampuan Sains)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Psikologi 3 adalah siswa memiliki tingkat kemampuan yang baik pada mapping tes kemampuan penalaran sains. Berdasarkan Tabel 4.7 menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%) menganggap sangat tidak baik, 21 siswa (11,7%) menunjukkan tidak baik, 84 siswa (46,7%) menunjukkan cukup baik, 57 siswa (31,7%) menunjukkan baik, dan 11 siswa (6,1%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan yang cukup baik pada mapping tes kemampuan penalaran sains. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,24
  1. KP5 (Pemimpin yang Adil)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Psikologi 5 adalah siswa dapat menjadi pemimpin yang adil. Berdasarkan Tabel 4.7 menunjukkan bahwa 5 siswa (2,8%) menganggap sangat tidak baik, 18 siswa (10%) menunjukkan tidak baik, 78 siswa (43,3%) menunjukkkan cukup baik, 67 siswa (37,2%) menunjukkan baik, dan 12 siswa (6,7%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa baik dalam menjadi pemimpin yang adil. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,35
  1. KP7 (Penyelesaian Masalah)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Psikologi 7 adalah siswa dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Berdasarkan Tabel 4.7 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap sangat tidak baik, 5 siswa (2,8%) menunjukkan tidak baik, 64 siswa (35,6%) menunjukkan cukup baik, 85 siswa (47,2%) menunjukkan baik, dan 25 siswa (13,9%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,71.
  1. Kompetensi Sosial
Berdasarkan Tabel 4.8 dapat dilihat deskripsi jawaban responden pada variabel Kompetensi sosial sebagai berikut :
Tabel 4.8
Deskripsi Jawaban Responden pada variabel Kompetensi Sosial
No
Variabel
Jawaban Responden
Mean



1
2
3
4
5



f
%
f
%
f
%
f
%
f
%

1
KSS2
1
0.6
27
15
76
42.2
57
31.7
19
10.6
3.37
2
KSS3
10
5.6
26
14.4
39
21.7
46
25.6
59
32.8
3.66
3
KSS4
4
2.2
18
10
40
22.2
47
26.1
71
39.4
3.91
4
KSS5
7
3.9
13
7.2
84
46.7
47
26.1
29
16.1
3.43
5
KSS6
5
2.8
5
2.8
63
35
71
39.4
36
20
3.71
6
KSS7
10
5.6
22
12.2
78
43.3
61
33.9
9
5
3.21
7
KSS8
15
8.3
31
17.2
74
41.1
42
23.3
18
10
3.09
8
KSS9
7
3.9
9
5
61
33.9
68
37.8
35
19.4
3.64
9
KSS10
5
2.8
13
7.2
98
54.4
54
30
10
5.6
3.28
10
KSS11
3
1.7
14
7.8
85
47.2
62
34.4
16
8.9
3.41

Total
67
37.4
178
98.8
698
387.7
555
308.3
302
167.8
34.71

Mean
6.7
3.74
17.8
9.88
69.8
38.77
55.5
30.83
30.2
16.78
3.471
Sumber : Data Primer diolah (2010)
Penjelasan masing-masing variabel adalah sebagai berikut :
  1. KSS2 (Membantu Orang Tua)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Sosial 2 adalah siswa dapat membantu pekerjaan orang tua di rumah secara rutin. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 1 siswa (0,6%) menganggap sangat tidak setuju, 27 siswa (15%) menunjukkan tidak setuju, 76 siswa (42,2%) menunjukkan cukup setuju, 57 siswa (31,7%) menunjukkan setuju, dan 19 siswa (10,6%) menganggap sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya cukup setuju jika siswa dapat membantu pekerjaan orang tua di rumah secara rutin. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,37.
  1. KSS3 (Disiplin)
Butir pertanyaan pada variabel baik Kompetensi Sosial 3 adalah siswa tidak pernah datang terlambat ke sekolah. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 10 siswa (5,6%) menganggap sangat tidak setuju, 26 siswa (14,4%) menunjukkan tidak setuju, 39 siswa (21,7%) menunjukkan cukup setuju, 46 siswa (25,6%) menunjukkan setuju, dan 59 siswa (32,8%) menunjukkan sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya setuju siswa tidak datang terlambat ke sekolah. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,66
  1. KSS4 (Rajin ke Sekolah Tidak Pernah Alpha)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Sosial 4 adalah siswa termasuk siswa yang rajin datang ke sekolah dan tidak pernah alpa. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 4 siswa (2,2%) menganggap sangat tidak setuju, 18 siswa (10%) menunjukkan tidak setuju, 40 siswa (22,2%) menunjukkan cukup setuju, 47 siswa (26,1%) menunjukkan setuju, dan 71 siswa (39,4%) sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa setuju akan rajin datang ke sekolah dan tidak pernah alpa. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,91.
  1. KSS5 (Tidak Melanggar Tata Tertib)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Sosial 5 adalah siswa tidak pernah melanggar tata tertib yang sudah di buat oleh sekolah. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%) menganggap sangat tidak setuju, 13 siswa (7,2%) menunjukkan tidak setuju, 84 siswa (46,7%) menunjukkan cukup setuju, 47 siswa (26,1%) menunjukkan setuju, dan 29 siswa (16,1%) menunjukkan sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cukup setuju tidak pernah melanggar tata tertib yang sudah di buat oleh sekolah Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,43
  1. KSS6 (Menghargai dan Menghormati Tata Tertib)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Sosial 6 adalah siswa dapat menghargai dan menghormati tata tertib di sekolah. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 5 siswa (2,8%) menganggap sangat tidak setuju, 5 siswa (2,8%) menunjukkan tidak setuju, 63 siswa (35%) menunjukkan cukup setuju, 71 siswa (39,4%) menunjukkan setuju, dan 36 siswa (20%) menganggap sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa setuju dalam menghargai dan menghormati tata tertib di sekolah. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,71.
  1. KSS7 (Berbicara di Kegiatan Formal dan Non Formal)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Sosial 7 adalah siswa dapat berbicara dengan lancar dan tampil di depan umum dalam kegiatan formal dan nonformal di dalam sekolah. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 10 siswa (5,6%) menganggap sangat tidak baik, 22 siswa (12,2%) menganggap tidak baik, 78 siswa (43,3%) menunjukkan cukup baik, 61 siswa (33,9%) menunjukkan baik, dan 9 siswa (5%) menganggap sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa dapat berbicara dengan cukup baik dan lancar tampil di depan umum dalam kegiatan formal dan non formal di dalam sekolah. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,21.
  1. KSS8 (Pemimpin)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Sosial 8 adalah siswa dapat menjadi pemimpin dan mampu memimpin dalam rapat kelas/OSIS. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 15 siswa (8,3%) menganggap sangat tidak mampu, 31 siswa (17,2%) menunjukkan tidak mampu, 74 siswa (17,2%) menunjukkan cukup mampu, 42 siswa (23,3%) menunjukkan mampu, dan 18 siswa (10%) menunjukkan sangat mampu. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya cukup mampu menjadi pemimpin dan memimpin dalam rapat kelas/OSIS. Hal ini didasarkan pada nlai rata-rata 3,09.
  1. KSS9 (Semangat dalam Penyebaran Agama Islam)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Sosial 9 adalah siswa memiliki semangat dalam menyebarkan agama islam. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 7 siswa (3,9%) menganggap sangat tidak setuju, 9 siswa (5%) menunjukkan tidak setuju, 61 siswa (33,9%) menunjukkan cukup setuju, 68 siswa (37,8%) menunjukkan setuju, dan 35 siswa (19,4%) menunjukkan sangat setuju. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa setuju dan semangat dalam menyebarkan agama islam. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,64.
  1. KSS10 (Teladan dalam Bermasyarakat)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Sosial 10 adalah siswa dapat menjadi teladan dalam bermasyarakat. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 5 siswa (2,8%) menganggap sangat tidak baik, 13 siswa (7,2%) menunjukkan tidak baik, 98 siswa (54,4) menunjukkan cukup baik, 54 siswa (30%) menunjukkan baik, dan 10 siswa (5,6%) menunjukkan sangat baik. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa cukup baik jika menjadi teladan di dalam bermasyarakat. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,28.
  1. KSS11 (Shiroh sebagai Pedoman Hidup)
Butir pertanyaan pada variabel Kompetensi Sosial 11 adalah siswa selalu menjalankan shiroh (Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathonah) sebagai pedoman hidup. Berdasarkan Tabel 4.8 menunjukkan bahwa 3 siswa (1,7%) menganggap sangat tidak pernah, 14 siswa (7,8%) menunjukkan tidak pernah, 85 siswa (47,2%) menunjukkan pernah, 62 siswa (34,4%) menunjukkan sering, dan 16 siswa (8,9%) menunjukkan sangat sering. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa selalu menjalankan shiroh (Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathonah) sebagai pedoman hidup. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata 3,41.
  1. Kompetensi Kognitif
Berdasarkan Tabel 4.9 dapat dilihat deskripsi jawaban responden pada variabel Kompetensi kognitif sebagai berikut :
Tabel 4.9
No
Variabel
Jawaban Responden
Mean



1
2
3
4
5




f
%
f
%
f
%
f
%
f
%

1
KK1
7
3.9
22
12.2
73
40.6
41
22.8
37
20.6
3.44
2
KK2
30
16.7
45
25.0
61
33.9
18
10.0
26
14.4
2.81
3
KK4
15
8.3
39
21.7
75
41.7
40
22.2
11
6.1
2.96
4
KK5
14
7.8
35
19.4
93
51.7
30
16.7
8
4.4
2.91
5
KK6
4
2.2
27
15.0
85
47.2
48
26.7
16
8.9
3.25
6
KK8
10
5.6
40
22.2
91
50.6
28
15.6
11
6.1
2.94
7
KK9
5
2.8
19
10.6
96
53.3
51
28.3
9
5.0
3.22
8
KK10
18
10.0
45
25.0
69
38.3
40
22.2
8
4.4
2.86
9
KK11
23
12.8
71
39.4
67
37.2
15
8.3
4
2.2
2.48
10
KK12
6
3.3
32
17.8
92
51.1
44
24.4
6
3.3
3.07
11
KK13
6
3.3
39
21.7
69
38.3
41
22.8
25
13.9
3.22
12
KK14
15
8.3
42
23.3
78
43.3
35
19.4
10
5.6
2.91
13
KK15
3
1.7
7
3.9
48
26.7
70
38.9
52
28.9
3.89
14
KK17
0
0.0
2
1.1
35
19.4
63
35.0
80
44.4
4.23
15
KK18
0
0.0
7
3.9
46
25.6
77
42.8
50
27.8
3.94

Total
156
86.7
472
262.2
1078
598.9
641
356.1
353
196.1
48.13

Mean
10.40
5.78
31.47
17.48
71.87
39.93
42.73
23.74
23.53
13.07
3.21
Deskripsi Jawaban Responden pada variabel Kompetensi Kognitif
Sumber : Data Primer diolah (2010)
Penjelasan masing-masing variabel adalah sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar