Translate

Rabu, 20 Maret 2013

kOmpetensi siswa SMA BAB IV 4.1

BAB IV
PEMBAHASAN

4.1 Tinjauan Umum
4.1.1 Gambaran Umum Sekolah Menengah Atas Al-Hikmah Surabaya
Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al Hikmah berdiri sejak tahun 1989 mengelola KB, TK, SD, dan SMP telah meraih prestasi yang sangat menggembirakan baik prestasi akademik, maupun pendidikan akhlak bagi para siswa-siswinya. Keberhasilan tersebut memicu keinginan kuat dari wali murid SMP agar Yayasan LPI Al Hikmah bisa juga menyempurnakannya dengan membuka pendidikan setingkat SMA untuk kelanjutan dan kesinambungan studi bagi anak-anak mereka. Tentu saja kesinambungan ini tidak hanya sekedar kelanjutan jenjangnya, yang lebih penting adalah kesinambungan visi, misi, dan jaminan kualitasnya.
Untuk menyikapi dukungan dan keinginan wali murid tersebut, Yayasan Lembaga Pendididkan Islam Al Hikmah pada tahun 2004 telah menetapkan dimulainya persiapan SMA Al Hikmah yang pada tahun ajaran 2005/2006, adalah tahun pertama berdirinya SMA Al Hikmah dan mulai membuka pendaftaran murid baru
Al-Hikmah dengan keyakinan penuh memilih menerapkan konsep pendidikan full day school, yang terimplementasi dalam kurikulum dan aktifitas siswa yang terintegrasi dengan baik. Ini berarti, seluruh aktivitas siswa, dari pagi sampai sore, mulai kegiatan pembelajaran, ibadah, bermain, istirahat, bahkan sampai kegiatan di rumah, dikemas baik dalam sebuah sistem pendidikan terpadu.
Dengan program full day school, anak mendapat pendidikan umum yang antisipatif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan keislaman secara layak dan proporsional, pendidikan kepribadian yang antisipatif terhadap perkembangan sosial budaya. Potensi anak tersalurkan melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, ada pantauan bimbingan dan konseling.
Dengan demikian pengaruh negatif kegiatan anak di luar sekolah dapat dikurangi seminimal mungkin karena waktu pendidikan anak di sekolah lebih lama, terencana dan terarah. Ayah ibu yang keduanya harus bekerja, tidak akan khawatir tentang kualitas pendidikan dan kepribadian putra-putrinya karena siswa dididik tenaga-tenaga kependidikan profssional.

4.1.2 Orientasi Pendidikan SMA Al Hikmah Surabaya
Ada tiga orientasi yang diterapkan dan diintegrasikan dalam seluruh program kurikulum dan aktifitas sekolah yaitu :
  1. Orientasi Islami
    1. Aqidah yang bersih, akan menjadi prinsip dalam hidupnya, yang akan melahirkan kecintaan pada Allah dan Rasulnya sehingga mereka akan memiliki “immune”, bangga terhadap Islam dan bersamangat untuk mendakwakannya.
    2. Ibadah yang benar, akan menjadi kebiasaan hidupnya, yang akan melahirkan kesadaran dalam beribadah, sehingga mereka akan memiliki tata cara dan kebiasaan ibadah sesuai dengan sunnah Nabi.
    3. Akhlaq Karimah, menjadi ciri penampilannya, yang akan menjadi qurrotu a’yun bagi orang tuanya, bermamfaat bagi sesamanya sehingga menjadi rahmatan lil a’lamiin hidupnya.
    4. Al Qur’an dan As Suunah, menjadi rujukan hidupnya, yang akan melembutkan hatinya, meninggikan akhlaknya, dan menghindari kehidupan yang tersesat dengan berpegang pada keduanya, sehingga akan diselamatkan hidupnya.
B. Orientasi Kebangsaan
  1. Memakmurkan bumi. Siswa memiliki kewajiban memakmurkan tanah air Indonesia, menjaga harkat dan martabat bangsa.
  2. Menumbuhkan sikap saling menghormati perbedaan.
  3. Sebagai kholifah di muka bumi. Siswa memiliki tanggung jawab untuk membangun bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar dan bermartabat.
C. Orientasi Global
  1. Memberi pemahaman pada siswa bahwa dia bukan saja sebagai Indonesian citizen tapi juga sebagai World’s citizen.
  2. Membekali siswa untuk siap dalam kompetensi yang ketat, arus informasi yang cepat dan akurat serta terjadinya asimilasi culture yang merupakan ciri utama dari sifat global.



4.1.3 Implementasi Program SMA Al Hikmah Surabaya
Sekolah Menengah Atas Al Hikmah Surabaya memiliki implementasi program sebagai berikut :
  1. Program Matrikulasi
    1. Terbentuknya school culture yang Islami (ibadah dan akhlak).
    2. Siswa memiliki kemandirian, kedisiplinan dan motivasi belajar yang tinggi.
    3. Siswa memiliki keterampilan dan perencanaan belajar yang baik.
    4. Siswa memiliki keterampilan dasar Matematika, Fisika, dan Bahasa yang relatif sama dan standar.
    5. Siswa memiliki dasar-dasar komunikasi lisan bahasa Inggris.
    6. Siswa memiliki dasar-dasar konsep karya ilmiah.
  2. Program Kurikuler
  1. Bertujuan agar lulusan sekolah dapat diterima di perguruan tinggi terbaik dalam maupun luar negeri.
  2. Menggunakan program kurikulum DIKNAS dan kurikulum khas Al Hikmah (Al Qur’an dan IT).
  1. Program Ekstrakulikuler
bertujuan untuk:
  1. Menyalurkan bakat dan minat siswa seperti olah raga basket, sepak bola, jurnalistik, robotika, dan lain-lain yang sesuai dengan visi sekolah.
  2. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan seperti kegiatan OSIS dan social skil.l
  3. Melatih kemandirian dan percaya diri seperti kegiatan bela diri, life skill, tata boga dan tata busana.
4.1.4 Prinsip dan Strategi Pembelajaran SMA Al Hikmah Surabaya
Sekolah Menengah Atas Al Hikmah Surabaya memiliki prinsip dan strategi pembelajaran sebagai berikut :
  1. Disiplin dan kepribadian dibentuk di kelas, Kegiatan di luar kelas dan di rumah merupakan sarana pembiasaan.
  2. Belajar berpusat pada siswa yaitu Siswa belajar, guru mengajar.
  3. Belajar secara mandiri Guru bukan satu-satunya sumber belajar, siswa harus senang membaca dan mencari informasi dengan cepat.
  4. Menekankan “Learn how to learn” Student active learning (SAL)
  5. Learning is easy and fun Belajar adalah mudah dan menyenangkan
  6. All can and will learn Semua anak dapat dan akan belajar
  7. Continuous Progress Tidak ada anak yang berhenti belajarnya

4.1.5 Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana
4.1.5.1 Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan aset yang paling utama bagi setiap lembaga pendidikan. Guru Al-Hikmah merupakan alumni perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan luar negeri, seperti Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Jember, Al-Azhar Kairo Mesir, dan lain-lain. Guru disaring melalui seleksi ketat dengan standar yang telah ditentukan.
Al-Hikmah berupaya secara berkesinambungan meningkatkan komitmen dan kompetensi SDM melalui serangkaian pelatihan dan pendidikan baik di dalam maupun di luar Al-Hikmah.
Syarat menjadi tenaga pendidik di SMA Al Hikmah Surabaya yaitu : Sarjana S1/S2 yang lulus seleksi komitmen dan kompetensi, Memiliki pengalaman mengajar yang baik, Dinyatakan lulus dalam pelatihan guru dari YLPI Al Hikmah, Memiliki komitmen dakwah, Bersifat Morobbi (pendidik/pembimbing), Memiliki kebiasan ibadah yang baik, Lancar membaca Al Qur’an, Dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
Untuk itu proses rekruitmen pegawai di Yayasan LPI Al-Hikmah melalui beberapa tahap. Tahap pertama, proses seleksi administratif dengan melihat kemampuan akademis pelamar yaitu IPK minimal 2,75 untuk alumnus PTN dan IPK minimal 3 untuk alumnus PTS, tahap ke dua, proses seleksi wawancara dengan materi meliputi wawasan kependidikan, wawasan keagamaan dan dakwah serta keterampilan professional, dilanjutkan dengan tes psikologi dan tes keterampilan pengelolaan kelas. Tahap ke tiga, proses pelatihan sebelum menjadi guru, selama 200 jam dengan materi seputar kompetensi dan komitmen seorang guru terbaik. Tahap ke empat, yaitu masa calon pegawai yang harus ditempuh selama satu tahun dan bisa diberhentikan sewaktu-waktu bila kurang sesuai atau tidak memenuhi kriteria Al-Hikmah. Terakhir tahap ke lima, pengangkatan menjadi pegawai tetap.



4.1.5.2 Sarana dan Prasarana SMA Al Hikmah Surabaya
Sarana dan prasarana merupakan alat bagi sumber daya manusia dalam melaksanakan aktivitasnya. Saat ini SMA Al-Hikmah memiliki sarana dan prasarana berupa ruang kelas yang luas, nyaman dan bersih, UKS dengan perawat dan dua dokter umum dan dokter gigi, perpustakaan berkoleksi lengkap dan berjaringan internet, kolam renang indoor dan sport centre, lapangan olahraga yang memadai, ruang konsultasi pendidikan anak, laboratorium biologi, kimia, fisika, komputer, bahasa, sosial dan elektronika, masjid yang luas, ruang tata boga, galeri seni lukis, kantin dan toko sekolah, gedung serba guna dan lain-lain.

4.1.6 Visi, Misi dan Tujuan SMA Al-Hikmah Surabaya
4.1.6.1 Visi SMA Al-Hikmah Surabaya
Menjadi sekolah Islam yang mampu melakukan perubahan bagi lingkungan kearah kehidupan yang Islami berdasarkan Al-Quran dan Sunnah Rasul.

4.1.6.2 Misi SMA Al Hikmah Surabaya
  1. Mewujudkan sekolah yang dikelola dengan nilai-nilai islami yang berdasar Al-Quran dan Sunnah Rasul serta mengajarkan bagaimana belajar beragama dan berupaya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi karakter seorang mukmin dan da’i.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri dan berakhlak mulia yang memuaskan stakeholder.
  3. Menumbuhkan kapasitas dan potensi siswa dan guru secara maksimal sesuai bakat dan minatnya sehingga mampu memberi yang terbaik untuk kemaslahatan manusia.
  4. Memberikan ketrampilan belajar yang tinggi, kebiasaan-kebiasaan yang islami dan kemampuan daya saing yang tinggi bagi para siswa agar dapat bersaing di era global dengan akhlak karimah.
  5. Mewujudkan sumber daya manusia khususnya guru yang amanah dan professional serta mempunyai komitmen dan kompetensi yang tinggi sehingga mampu memberi yang terbaik bagi umat manusia dan kepada Allah SWT.
  6. Mewujudkan sekolah Islam yang dikelola secara efektif, efisien, dan akuntabilitas sehingga selalu dapat ditingkatkan kualitasnya secara terus menerus dan dapat menjadi sekolah percontohan.

4.1.6.3 Tujuan SMA Al-Hikmah Surabaya
  1. Mencerdaskan kehidupan umat, menumbuhkan nilai-nilai Islami dalam setiap aktifitas sehingga menjadi umat yang berguna bagi bangsa dan agama.
  2. Mendidik dan mengembangkan siswa untuk mampu dan siap hidup menghadapi jamannya serta mengajarkan bagaimana beragama dan berupaya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi karakter seorang mukmin
  3. Menjadikan Lembaga Pendidikan Islam Al-Hikmah sebagai lembaga pendidikan Islam yang merupakan sumber pengembangan sekolah Islam di Indonesia dan pemimpin bangsa yang berakhaqul karimah
  4. Menjadi pelopor dan percontohan dalam pengembangan lembaga pendidikan yang bercirikan Islam
  5. Mencapai keunggulan kompetitif dalam membangun dan mengelola sumber daya dengan perbaikan secara terus menerus (continuous improvement).
  6. Memberikan kontribusi yang nyata terhadap lingkungannya dalam pengembangan kehidupan bermasyarakat melalui sekolah yang dapat dijadikan sebagai percontohan.

4.1.7 Struktur Organisasi Al-Hikmah Surabaya
S
YLPI Al-Hikmah Surabaya
truktur organisasi yang berada di Sekolah Menengah Atas Al Hikmah Surabaya terlihat pada gambar 4.1 sebagai berikut :

Kepala Sekolah
Tata Usaha
Bendahara



WaKa Kurikulum
WaKa Kesiswaan
WaKa Sarana

  • Koordinasi mata pelajaran
  • Guru mata pelajaran
  • Bimbingan belajar
  • Responsi
  • martikulasi
  • Wali kelas
  • Bimbingan konseling
  • Ekstrakurikuler
  • Program pengembangan siswa
  • Perpustakaan
  • Laboratorium
  • UKS
  • Kebersihan
  • Keamanan
  • pemeliharaan





Sumber: SMA Al-Hikmah Surabaya (2010)

Gambar 4.1 Struktur Organisasi SMA Al Hikmah Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar