BAB
III
METODOLOGI
3.1
Terminologi
Pada bagian ini penulis menjelaskan tentang arti dari judul
penelitian yang dikemukakan sehingga pada akhirnya tidak menimbulkan
suatu penafsiran yang salah atau keliru mengenai maksud dari
penelitian ini. Judul yang diambil dalam penelitian ini adalah Kajian
tentang Kompetensi Siswa di Sekolah.
Judul yang diambil tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud
dengan kajian tentang kompetensi siswa di sekolah adalah:
- Kajian adalah proses rasionalisasi dan pembuktian empiris terhadap kepercayaan/ketidakpercayaan menjadi pemahaman/ilmu pengetahuan (pastipanji.wordpress.com)
- Kompetensi adalah untuk mengembangkan manusia bermutu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan sebagaimana diisyaratkan, kata kompetensi dipilih untuk menunjukkan tekanan pada “kemampuan mendemonstrasikan pengetahuan”.
- Siswa adalah amanah yang dititipkan orangtuanya agar anaknya dibina, diasuh dan dibina supaya menjadi pintar. Karena itu sebagai pihak penyelenggara termasuk para guru harus menjaga dan menjalankan amanah tersebut.(www.harian-global.com).
Kompetensi siswa dapat dilihat dalam variabel kompetensi yaitu
kompetensi fisik, kompetensi psikologi, kompetensi sosial, kompetensi
kognitif, dan kompetensi spiritual.
Tabel
3.1
Indikator
dan Item pertanyaan “Kompetensi Siswa di Sekolah”
INDIKATOR
|
ITEM
PERTANYAAN
|
|
Teori Lippman
et.al
|
Standar
Mutu SMA
Al Hikmah
|
|
|
Berbadan
Sehat, Bugar, kuat, dan Lincah.
(Aspek
Akhlak)
|
|
|
Kemampuan
logika yang baik sesuai usianya.
(Aspek
Akademis) |
|
|
(Aspek
Akhlak)
|
|
|
(Aspek
Akademis)
(Aspek
Akademis)
|
|
Berlanjut
Lanjutan
INDIKATOR
|
ITEM
PERTANYAAN
|
|
Teori Lippman et.al |
Standar
Mutu SMA
Al Hikmah
|
|
|
||
|
(Aspek
Akhlak)
(Aspek
Akhlak)
(Aspek
Akhlak)
|
narkoba.
|
Berlanjut
Lanjutan
INDIKATOR
|
ITEM
PERTANYAAN
|
|
Teori Lippman et.al |
Standar
Mutu SMA
Al Hikmah
|
|
|
Sumber
: Adaptasi dari Standart Mutu SMA Al Hikmah dan Teori Lippman et.al
3.2
Teknik Pengumpulan Data
3.2.1
Jenis Data
Jenis data dalam penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan
data kuantitatif. Data kualitatif yaitu sumber dari deskripsi yang
luas dan berlandaskan kokoh serta memuat penjelasan tentang
proses-proses yang terjadi dalam lingkup setempat (Miles dan Hubern
dalam Anggraini, 2008:25). Data kuantitatif yaitu data yang
dinyatakan dalam bentuk kumpulan angka-angka dari hasil observasi
maupun dokumentasi, dimana data bisa berbentuk tabel, gambar, ataupun
grafik.
- Sumber Data
- Data Primer
Data yang dikumpulkan langsung dari objeknya yang diolah sendiri oleh
penulis dari suatu organisasi atau sekolah (Suprapto dalam Anggraini,
2008:25).
Menurut Sugiyono (2000:72) populasi adalah wilayah generalisasi yang
terdiri dari atas : objek/subjek yang mempunyai kualitas dan
karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari
dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa SMA Al-Hikmah Surabaya kelas XI dan kelas XII.
Menurut Sugiyono (2000:73) sampel adalah bagian dari jumlah dan
karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Teknik sampling
adalah teknik pengambilan sampel. Untuk menentukan sampel yang akan
digunakan dalam penelitian.
Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling yang digunakan
dalam penelitan ini menggunakan teknik non probability sampling
dengan tipe sampling jenuh bila populasi digunakan sebagai sampel.
Respondennya siswa kelas XI dan XII SMA Al Hikmah Surabaya sebanyak
207 Siswa. Namun pada saat penyebaran kuesioner terdapat siswa yang
tidak hadir maka responden yang mengisi berjumlah 180 siswa.
Tabel 3.2 Jumlah Siswa
No
|
Kelas
|
Jumlah
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
XI IPA 1
XI IPA 2
XI IPA 3
XI IPA 4
XI IPS 1
XI IPS 2
XII IPA 1
XII IPA 2
XII IPS 1
XII IPS 2
|
18
19
24
24
17
19
26
25
19
16
|
Jumlah Siswa
|
207
|
- Data Sekunder
Data yang diperoleh oleh suatu orgainsasi atau perusaaan dalam bentuk
yang sudah jadi berupa publikasi (Suprapto dalam Anggraini 2008:26).
Data yang diminta yaitu gambaran umum dan struktur organisasi pada
SMA Al-Hikmah Surabaya.
- Metode Pengumpulan Data
Prosedur pengumpulan data penulis menggunakan metode pengumpulan data
sebagai berikut :
- Observasi
Untuk menunjang data yang diperoleh melalui interview diadakan
pengamatan secara langsung pada objek penelitian, guna mendapatkan
gambaran yang lebih jelas dari data yang dihimpun. Dengan melakukan
observasi tersebut dapat diketahui aktifitas-aktifitas yang dilakukan
sekolah.
- Dokumentasi
Melakukan pengambilan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen.
- Kuesioner
Pengumpulan data melalui daftar pertanyaan dan disebarkan untuk diisi
langsung oleh responden. Responden disini yaitu siswa kelas XI dan
XII SMA Al-Hikmah Surabaya. Untuk pengukuran jawaban kuesioner
digunakan skala likert 1 sampai dengan 5 dengan ketentuan sebagai
berikut :
SKALA
|
ARTI
|
5
|
Sangat Baik/Sangat Setuju
|
4
|
Baik/Setuju
|
3
|
Cukup Baik/Cukup Setuju
|
2
|
Tidak Baik/Tidak Setuju
|
1
|
Sangat Tidak Baik/Sangat Tidak Setuju
|
3.4
Teknik Analisis Data
Teknik analisis data adalah kegiatan mengolah data yang dikumpulkan
baik dari sekolah maupun dari daftar pustaka yang menjadi perangkat
baru dalam bentuk penemuan hingga menjadi data yang lebih berarti.
Tenik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif. Analisis deskriptif adalah dimana penulis menggambarkan
sesuatu tentang kompetensi siswa di sekolah pada SMA Al-Hikmah
Surabaya dan kompetensi tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan
variabel kompetensi seperti yang dikemukakan oleh Lippman, et.al
dalam Anggraini, (2008:28) yaitu kompetensi fisik, kompetensi
psikologi, kompetensi sosial, kompetensi kognitif, dan kompetensi
spiritual. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini sebagai
berikut :
- Uji Validitas
Instrument yang valid berarti alat ukur yang digunakan untuk
mendapatkan data (mengukur) itu valid. Valid berarti instrument
tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur
(Sugiyono, 2000:109). Validitas adalah tingkat akurasi yang harus
dicapai oleh setiap indikator.
Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data
penelitian dan mengetahui indeks validitas angket tersebut digunakan.
Rumus product moment correlation dari pearson validitas
adalah sebuah alat ukur diketahui dengan cara mengkorelasikan skor
masing-masing item dengan skor total item.
Hasil pengujian dikatakan valid apabila nilai corrected item
total correlation mempunyai nilai lebih besar dari t
standar validitas yaitu 0,239.
- Uji Reliabilitas
Instrument yang reliabel adalah instrument yang bila
digunakan beberapa kali untuk mengukur objek yang sama (Sugiyono,
2000:110). Menurut Gozali dalam Anggraini (2008:37) mengemukakan
bahwa “Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan bahwa keseluruhan
instrument reliabel, yaitu dengan ditunjukkan oleh nilai
Standarized Item Alpha (SIA) yaitu 0,6”.
- Uji statistik deskriptif
Dalam penelitian kuantitatif, analisis data merupakan kegiatan
setelah data dari seluruh responden terkumpul. Kegiatan dalam
analisis data adalah mengelompokkan data berdasarkan variabel dari
seluruh responden, menyajikan data tiap variabel yang diteliti,
melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah dan melakukan
perhitungan untuk menguji deskripsi yang telah diajukan.
Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan
statistik deskriptif yaitu statistik yang digunakan untuk
menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data
yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat
kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.
Termasuk dalam statistik deskriptif antara lain adalah penyajian data
melalui tabel, grafik, diagram lingkaran, pictogram,
perhitungan modus, median, mean (pengukuran tendensi sentral),
perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata standar
deviasi, perhitungan prosentase.
Dalam hal ini penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif
kualitatif yaitu penjabaran/penjelasan secara rinci mengenai
pengembangan kompetensi yang berada di SMA Al-Hikmah. Untuk
mengetahui tingkat pengembangan kompetensi digunakan rata-rata
jawaban responden berupa skala likert, dengan rumus perhitungan
sebagai berikut :
Mean = ∑ f x Keterangan :
∑ f x : Bobot Nilai Jawaban.
f : Frekuensi Banyaknya Jawaban.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar