Translate

Rabu, 20 Maret 2013

kOmpetensi Siswa Sma BAB IV --4.2 (1)

4.2 Presentasi Hasil
4.2.1 Kompetensi Siswa SMA Al-Hikmah
4.2.1.1 Uji Validitas dan Reliabilitas
Uji validitas dan reliabilitas dilakukan setelah data terkumpul. Validitas adalah tingkat akurasi yang harus dicapai oleh setiap indikator. Hasil pengujian dikatakan valid apabila nilai validitas di atas 0,239.
Berdasarkan Tabel 4.1 Hasil uji validitas pada seluruh variabel yang terdiri atas Kompetensi Fisik mempunyai 7 butir pertanyaan (valid 5 butir yaitu : butir ke 1,4,5,6, dan 7 butir dan tidak valid 2 butir yaitu : butir ke 2 dan 3). Kompetensi Psikologi mempunyai 8 butir pertanyaan (valid 5 butir yaitu : butir ke 1,2,3,5, dan 7 dan tidak valid 3 butir yaitu : 4,6, dan 8). Kompetensi Sosial mempunyai 11 butir pertanyaan (valid 10 butir yaitu : 2,3,4,5,6,7,8,9,10 dan 11 dan tidak valid 1 butir yaitu : butir ke 1). Kompetensi Kognitif mempunyai 18 butir pertanyaan (valid 15 butir yaitu : butir ke 1,2,4,5,6,8,9,10,11,12,13,14,15,17, dan 18 dan tidak valid 3 butir yaitu butir ke 3,7, dan 16). Kompetensi Spiritual mempunyai 29 butir pertanyaan (valid 24 butir yaitu : butir ke 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,13,14,15,17,18,20,21, 22,23,24,25,26 dan 27 dan tidak valid 5 butir yaitu : 12,16,19,28 dan 29).

Tabel 4.1
Hasil Uji Validitas Butir Penelitian

Item Pertanyaan
Koefisien Korelasi
Nilai ambang batas Korelasi n=30
Keterangan
Kompetensi Fisik
KF1
0,318
0,239
Valid
KF2
0,218
0,239
Tidak Valid
KF3
0,101
0,239
Tidak Valid
KF4
0,240
0,239
Valid
KF5
0,480
0,239
Valid
KF6
0,381
0,239
Valid
KF7
0,338
0,239
Valid
Kompetensi Psikologi
KP1
0,456
0,239
Valid
KP2
0,451
0,239
Valid
KP3
0,294
0,239
Valid
KP4
0,053
0,239
Tidak Valid
KP5
0,514
0,239
Valid
KP6
0,152
0,239
Tidak Valid
KP7
0,264
0,239
Valid
KP8
0,004
0,239
Tidak Valid
Kompetensi Sosial
KSS1
0,199
0,239
Tidak Valid
KSS2
0,369
0,239
Valid
KSS3
0,363
0,239
Valid
KSS4
0,579
0,239
Valid
KSS5
0,595
0,239
Valid
KSS6
0,649
0,239
Valid
KSS7
0,437
0,239
Valid
KSS8
0,251
0,239
Valid
KSS9
0,495
0,239
Valid
KSS10
0,359
0,239
Valid
KSS11
0,599
0,239
Valid
Kompetensi Kognitif
KK1
0,393
0,239
Valid
KK2
0,442
0,239
Valid
KK3
0,224
0,239
Tidak Valid
KK4
0,403
0,239
Valid
KK5
0,350
0,239
Valid
KK6
0,492
0,239
Valid
KK7
0,144
0,239
Tidak Valid
KK8
0,403
0,239
Valid
KK9
0,647
0,239
Valid
Berlanjut
Lanjutan
Item Pertanyaan
Koefisien Korelasi
Nilai ambang batas Korelasi n=30
Keterangan
KK10
0,415
0,239
Valid
KK11
0,653
0,239
Valid
KK12
0,554
0,239
Valid
KK13
0,643
0,239
Valid
KK14
0,620
0,239
Valid
KK15
0,514
0,239
Valid
KK16
0,057
0,239
Tidak Valid
KK17
0,351
0,239
Valid
KK18
0,276
0,239
Valid
Kompetensi Spiritual
KSP1
0,617
0,239
Valid
KSP2
0,258
0,239
Valid
KSP3
0,615
0,239
Valid
KSP5
0,708
0,239
Valid
KSP6
0,694
0,239
Valid
KSP7
0,541
0,239
Valid
KSP8
0,564
0,239
Valid
KSP9
0,491
0,239
Valid
KSP10
0,291
0,239
Valid
KSP11
0,557
0,239
Valid
KSP12
-0,003
0,239
Tidak Valid
KSP13
0,495
0,239
Valid
KSP14
0,464
0,239
Valid
KSP15
0,310
0,239
Valid
KSP16
-0,028
0,239
Tidak Valid
KSP17
0,370
0,239
Valid
KSP18
0,471
0,239
Valid
KSP19
0,084
0,239
Tidak Valid
KSP20
0,386
0,239
Valid
KSP21
0,551
0,239
Valid
KSP22
0,584
0,239
Valid
KSP23
0,376
0,239
Valid
KSP24
0,262
0,239
Valid
KSP25
0,547
0,239
Valid
KSP26
0,479
0,239
Valid
KSP27
0,372
0,239
Valid
KSP28
0,234
0,239
Tidak Valid
KSP29
0,229
0,239
Tidak Valid
Sumber : Data Primer diolah (2010)

Menurut Nunally dalam Gozali (2001:133) Mengemukakan bahwa “Hasil Pengujian instrument dikatakan reliabel jika nilai cronbach’s alpha diatas 0,6”. Berdasarkan Tabel 4.2 terdapat 5 variabel yaitu Kompetensi fisik, Kompetensi psikologi, Kompetensi kognitif, Kompetensi sosial, dan Kompetensi spiritual.
Tabel 4.2
Uji Reliabilitas

Indikator
SIA
Nilai Reliabel
Keterangan
Kompetensi Fisik
0,625
0,6
Reliabel
Kompetensi Psikologi
0,652
0,6
Reliabel
Kompetensi Sosial
0,800
0,6
Reliabel
Kompetensi Kognitif
0,851
0,6
Reliabel
Kompetensi Spiritual
0,898
0,6
Reliabel
Sumber : Data Primer diolah (2010)

4.2.1.2 Deskripsi Karakteristik Responden
Setelah dilakukan penyebaran kuesioner kepada 180 orang responden, dapat dilihat bahwa responden memiliki karakteristik yang bermacam-macam. Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, usia, kelas, dan pekerjaan orang tua berturut-turut dijelaskan pada Tabel berikut:
Tabel 4.3
Jumlah Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No.
Jenis Kelamin
Jumlah
Responden
Presentase
(%)
1
Laki-laki
88
48,9
2
Perempuan
92
51,1

Jumlah
180
100
Sumber : Data Primer diolah (2010)
Tabel 4.3 menunjukkan bahwa lebih banyak responden perempuan 48,9% dibandingkan dengan laki-laki 51,1%.


Tabel 4.4
Jumlah Responden Berdasarkan Usia

No.
Usia
Jumlah
Responden
Presentase
(%)
1
15 th
7
3,9
2
16 th
98
54,4
3
17 th
67
37,2
4
18 th
7
3,9
5
19 th
1
0,6

Jumlah
180
100
Sumber : Data Primer diolah (2010)
Tabel 4.4 dapat dilihat responden usia 15 tahun berjumlah 7 responden (3,9%), 16 tahun berjumlah 98 responden (54,4%), 17 tahun berjumlah 67 responden (37,2%), 18 tahun berjumlah 7 responden (3,9%), 19 tahun berjumlah 1 responden (0,6%).
Tabel 4.5
Jumlah Responden Berdasarkan Kelas

No.
Kelas
Jumlah
Responden
Presentase
(%)
1
XI IPA 1
16
8,9
2
XI IPA 2
15
8,3
3
XI IPA 3
20
11,1
4
XI IPA 4
21
11,7
5
XI IPS 1
16
8,9
6
XI IPS 2
16
8,9
7
XII IPA 1
24
13,3
8
XII IPA 2
17
9,4
9
XII IPS 1
17
9,4
10
XII IPS 2
13
7,2
11
XII
5
2,8

Jumlah
180
100
Sumber : Data Primer diolah (2010)
Tabel 4.5 menunjukkan responden kelas XI IPA 1 berjumlah 16 Siswa (8,9%), XI IPA 2 berjumlah 15 Siswa (8,3%), XI IPA 3 berjumlah 20 Siswa (11,1%), XI IPA 4 berjumlah 21 Siswa (11,7%), XI IPS 1 berjumlah 16 Siswa (8,9%), XI IPS 2 berjumlah 16 Siswa (8,9%), XII IPA 1 berjumlah 24 Siswa (13,3%), XII IPA 2 berjumlah 17 Siswa (9,4%), XII IPS 1 berjumlah 17 Siswa (9,4%), XII IPS 2 berjumlah 13 Siswa (7,2%), XII berjumlah 5 Siswa (2,8%).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar